APEBSKID, Afiliasi Pengajar dan Peneliti Budaya Bahasa Sastra Komunikasi Seni dan Desain

 APEBSKID, Afiliasi Pengajar dan Peneliti Budaya Bahasa Sastra Komunikasi Seni dan Desain


Purwadi, 
Tukang catat


A. Konferensi Internasional


Hajad akademis besar terlaksana pada tanggal 9 - 13 Oktober. Bertempat di kota Manado. Konferensi Internasional berlangsung dengan megah gagah indah meriah.


Peserta dari Sabang sampai Merauke. Terwakili dari pulau besar. Yaitu Sumatra Jawa Kalimantan Sulawesi dan Papua. Dengan semangat tinggi, tekad yang kuat hasilnya tentu bermanfaat. Para hadirin berharap sukses dunia akhirat. Lewat konferensi masalah ada solusi. 


Beragam kegiatan dilakukan. Secara kronologis terpapar dengan gancar lacar. Tiap tiap agenda memiliki makna. Bisa untuk sumbangan demi kemajuan bangsa. 

Perjuangan Spiritual Tuanku Imam Bonjol. 


Propinsi Sulawesi Utara tempat bersemayam pahlawan nasional. Tuanku Imam Bonjol berjuang di Sumatera Barat. Lantas diasingkan di Manado. Makamnya di Jl Pineleng kali, desa Lotta, kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa. Pejuang yang gigih, idealis dan ikhlas lahir batin. Teladan abadi buat segala generasi. 


Begitulah harapan Prof Dr Martono M.Pd, dari  Universitas Tanjungpura Pontianak. Saat berziarah  ke makam Tuanku Imam Bonjol. Akademi keturunan Yogyakarta ini cinta sejarah perjuangan bangsa. Nilai keteladanan bisa diwariskan pada generasi muda. 


Hari Sabtu paing, 12 Oktober 2024 penerus bangsa berziarah. Untuk mengenang perjuangan Tuanku Imam Bonjol. Generasi utama ini berasal dari Surabaya, Tulungagung, Jember, Yogyakarta, Klaten, Lampung, Riau, Palu, Kendari Makassar, Gorontalo dan Semarang. Semangat juang untuk nusa bangsa membangun cita cita mulia. 


Kegiatan ini bersamaan dengan konferensi internasional tanggal 9 - 13 Oktober 2024. Beragam topik dibahas. Kebudayaan kesusastraan bahasa seni arsitektur menjadi tema pembicaraan. Pertemuan ilmiah yang luwes pantes mentes. Setelah meninjau ekologi Bunaken lantas mengasah ketajaman spiritual. 


Pendapat senada diberikan oleh Dr Mohammad Khoiri M.Si. Dosen Unesa ini peduli pada warisan luhur. Bidang spiritual menambah kekayaan moral. Pandangan hidup ini sejalan dengan falsafah negara. Pancasila mendorong aktivitas kultural. Kualitas batin semakin mantab. Dengan berziarah ke makam Imam Bonjol, generasi makin menghayati. Tutur kebajikan selalu bertaburan. 


Wejangan Tuanku Imam Bonjol disampaikan oleh Dr Ardianto M.Pd. kesaktian Pahlawan Nasional ini sungguh hebat. Para pemimpin suku sangat senang dengan Imam Bonjol. Bahkan pimpinan Minahasa banyak yang terpikat . Sebagian mengambilnya menantu. Putri Minahasa bahagia bersama tokoh tersohor. 


Tuanku Imam Bonjol tokoh legendaris. Pintar shaleh sakti berbudi luhur. Masyarakat Manado bangga dan bahagia. Pahlawan bangsa nama harum. Semerbak ke segala arah mata angin. Alam pun serasi. Atas wibawa Tuanku Imam Bonjol. Alhamdulillah. Segala puja terpancar dari Yang Maha Kuasa. Manusia beriman menuju kemuliaan. 


B. Kepahlawanan Inspiratif


Adat istiadat yang bersifat spiritual diajarkan Imam Bonjol. Pendekatan budaya yang dilakukan oleh Tuanku Imam Bonjol menjadi inspirasi. Segala generasi lantas mengkaji. Aktivitas kultural beriringan dengan aktivitas spiritual. 


Makam Imam Bonjol yang ramai peziarah. Bukti sang pahlawan bertindak suci. Anak cucu ingin mengerti. Bahkan ummatnya sampai Bunaken. Wilayah Minahasa dan sekitarnya punya wibawa. 


Manado dan Minahasa jelas beruntung. Tokoh besar besar bersemayam. Rakyat cinta. Nusantara makin jaya. Termasuk untuk wilayah Bunaken yang terkenal. Bunaken kawasan yang mengelola wisata air. Kelurahan tersohor bawahan pemerintah kota Manado. Simbol pariwisata sukses Propinsi Sulawesi Utara. Selalu semarak dengan datangnya turis dari beragam penjuru. 


Rute Bunaken Manado senantiasa sibuk. Lalulintas teluk Manado hingar bingar segar bugar. Laut merupakan sumber daya alam yang berlimpah. Peluang untuk memutar roda ekonomi. Wisata air di Manado terkenal di seluruh dunia. 


Pada hari Sabtu Paing, 12 Oktober 2024 dilakukan riset lapangan. Dari berbagai penjuru Indonesia, para peneliti datang di kawasan perairan Manado. Ketrampilan Maritim menjadi tema pembahasan. Wisata air amat berpengaruh pada kegiatan ekonomi rakyat. Kemakmuran Bunaken memberi harapan. 


Masa depan makin cemerlang. Barang kali perlu diingat semboyan yang bagus. Trisakti merupakan modal dasar pembangunan nasional. Berdaulat dalam bidang politik. Berdikari dalam bidang ekonomi. Berkepribadian dalam bidang budaya. Pelajar hendaknya kenal lingkungan laut. 


Pantai yang berwujud teluk memuat potensi. Kota Manado punya akar historis kemandirian. Baik ekonomi sosial dan budaya. Kesadaran nasionalisme bersemi di kota Manado pada hari Jumat Legi, tanggal 11 Oktober 2024. Taman kesatuan bangsa tepat sebagai penabur jiwa kebangsaan. Playing by learning. Tempat santai permainan yang memuat unsur pendidikan. 


Contoh mulia dilakukan tokoh Manado. Sam Ratulangi pahlawan nasional yang namanya harum. Semerbak wangi menghiasi bumi pertiwi. Pergerakan kemerdekaan Indonesia berkat uluran tangan para pejuang. Sam Ratulangi memberi kontribusi berlimpah ruah. Tenaga pikiran tindakan harta benda sudah dipersembahkan kepada negara. Kedaulatan rakyat Indonesia atas kegigihan para pahlawan. Hiduplah Indonesia raya. 


Rakyat sejahtera menjadi cita cita mulia. Pejuang sejati ditunjukkan oleh AA Maramis. Penampilan sebagai diplomat ulung. Administrasi berjalan tertib. Birokrasi berjalan lancar. Permasalahan selesai di atas meja perundingan. Tokoh Manado menawarkan nilai keteladanan. Kecerdasan kesederhanaan kejujuran membawa kepercayaan. AA Maramis merupakan contoh nyata dalam diplomasi kenegaraan. 


Cita cita kenegaraan disusun para pendiri negeri. BPUPKI menyiapkan kemerdekaan negeri. Sam Ratulangi dan AA Maramis datang, peduli dan berkontribusi. Siang malam berjuang untuk kemerdekaan. Diskusi dan diplomasi demi keemasan ibu pertiwi. Sukses gemilang telang datang. Indonesia merdeka. Rakyat pun jaya sejahtera. 


Etos kerja penuh pengabdian diberikan oleh putra Manado. Kapten Pierre Tendean kisah prajurit sejati. Jiwa raga untuk kesetiaan. Rela berkorban demi nusa dan bangsa. Perisai Jenderal AH Nasution yang handal profesional bermoral. Jiwa keprajuritan telah mendarah daging. TNI punya contoh pengawal yang mumpuni. Pierre Tendean seorang prajurit tampan rupawan dengan jiwa nan menawan. 


Semangat untuk berdaulat tampak pada saat perjuangan. Robert Wolter Monginsidi pelopor kebangsaan. Tokoh Manado yang bikin bangga. Perjuangan dikenang sepanjang masa. Nama harum terpampang untuk jalan di seluruh penjuru Indonesia. Pengorbanan Robert Wolter Monginsidi patut berlanjut. Anak muda menjaga kisahnya. Pelajar mendapat inspirasi yang terpancar. Pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui kerelaan. 


Sukses perlu kerja keras. Fungsi estetika untuk membina mental spiritual bangsa. Seniman Manado tangguh utuh sepuh ampuh. Pelaku seni merajut nilai kebangsaan melalui proses keindahan. Wilayah Propinsi Sulawesi Utara asri permai. Keindahan tumbuh subur. Kesenian berkembang pesat. 


Cemerlang sekali prestasi bidang seni. Terima kasih untuk tokoh seni dari Manado. Lidia Kandao menyumbang bidang kesenian. Tahun 70 dan 80 an bersemayam di hati penggemar. Nusantara bangga dan gembira. Pemirsa senang terhibur. Penghargaan layak diberikan atas perjuangan seni. Bumi Manado menasional lewat indahnya estetika. Berkesenian memerlukan pelatihan dan pembelajaran terus menerus. 


Lewat seni nyata nyata kehidupan tambah halus indah. 

Artis Maya Rumantir berperan merajut nilai kebangsaan. Tutur kata begitu mempesona. Pergaulan yang memperlihatkan perasaan. Daya pesona menghiasi kepulauan nusantara. Rajutan kebangsaan ini hendaknya disertai pesona karya. Apresiasi tinggi untuk pejuang seni. 


Bintang bintang politik Manado bertebaran. Theo L Sambuaga sangat menyakinkan. AA Baramuli tampil saat reformasi. Tanah Manado melahirkan putra bangsa yang membawa kebajikan utama. Tokoh nasionalisme Manado memikirkan kemakmuran negeri. Semangat untuk terus produksi agar tercipta kemandirian. 


Pelayaran dan pelabuhan menawarkan lapangan kerja. Masyarakat Manado amat beruntung. Industri maritim berlangsung dengan lancar. Pariwisata menjadi sarana pengembangan ekonomi kreatif. Wisata religi yang diwariskan Imam Bonjol layak diteruskan. Agar masyarakat makin religius dan serius. Kehidupan pun makin terurus. 


C. Teladan Spiritual


Tuanku Imam Bonjol merupakan teladan spiritual. Religiositas mencapai tingkat makrifat. Ilmu kesempurnaan sejati. 


Makan Imam Bonjol begitu dihormati. Perjuangan yang ikhlas serba pantas. Iman ilmu iman jelas  lugas tuntas. Ajaran Imam Bonjol memang luas. 


Imam Bonjol ternyata ahli maritim. Laut harus dikelola dengan baik. Demi kemashlahatan umat. Ketrampilan maritim Bunaken didukung masyarakat dan pemerintah. Pelayaran dan perikanan masuk dalam industri maritim. Ketrampilan Maritim masyarakat Manado teruji. Pelabuhan dan perkapalan berjalan seiring dengan perputaran ekonomi. Bunaken namanya makin berkibar. 


Tourism sarana penyadaran jiwa kebangsaan. 

Nasionalisme Berbasis Budaya jelas mendukung proses kreatif masyarakat. Nilai kebangsaan makin kokoh dengan hadirnya kebudayaan. Misalnya adat istiadat mengenakan patola. Tradisi yang Manado yang dijunjung tinggi. Patola merupakan kain Manado sebagai simbol keagungan. Kain keagungan ini warisan wanita mulia yang bernama Lumimuut. Bagi masyarakat Manado Lumimuut adalah pepunden kasepuhan. Nenek moyang putri pertama Manado yang menurunkan satria Toar. Tokoh terhormat yang penuh keteladanan. 


Tokoh wanita yang dekat patola Manado adalah Pingkan. Punya kepribadian tangguh utuh. Lambang istri yang setia berbakti. Cinta sejati dipersembahkan kepada Matindas. Suami yang Agung, luhur dan berjiwa besar. Cerita ini cocok untuk refleksi buat suami istri. Saat resepsi pernikahan tepat sebagai bahan amanat. Pengantin mendapat inspirasi dan motivasi. Bahtera menuju pelabuhan nan bahagia. 


Penghormatan orang Manado pada wanita sangat tinggi. Mendapat sebutan tetenden, yang berarti tempat untuk bersandar. Suami berkeluh kesah kepada istri. Agar energi pulih kembali. Anak bercurah perasaan kepada ibunya. Supaya semangat kembali menyala. Sang ibu menyelimuti patola. Simbol pengayoman dan perlindungan. 


Upacara adat meneroho amat penting. Pria melamar wanita dengan persembahan patola. Kain asmara lambang cinta sejati. Beragam patola untuk upacara adat. Patola digunakan supaya wibawa keluarga memancar. Indah rupa tampak warna warni. 


Patola sebagai kain ritual dulu selalu dicuci di danau Tondano. Air bening danau Tondano merupakan sarana penyucian. Segala barang kotor hilang. Mala petaka akan menyingkirkan. Jiwa raga tampak bening. Kinclong berseri seri. Bersinar terang benderang. Suasana menjadi ayom ayem, sejuk teduh. 


Buat putri Manado memang biasa ritual mandi di danau Tondano. Pancaran jiwa raga memukau. Kewibawaan terpantul ke kanan ke kiri. Semua ikut bahagia. Terlebih gadis yang hendak menikah, sangat dianjurkan mandi ritual. Dengan patola air danau Tondano mengantar doa. Tradisi yang layak terus lestari. 


Cerita Tonnas utara beranak Marimbow. Tonnas selatan beranak Maharimbow. Kisah tradisi yang sarat makna. Masyarakat Manado sangat percaya kisah mistik. Sebagai bahan refleksi. Pelajaran dan keutamaan. 


Keke adalah panggilan kehormatan buat wanita Manado yang masih cinta patola. Misalnya Keke Panagian. Seorang pengikut melakukan upacara lemelek. Yakni menginjak batu sebagai bentuk ritual religius. 


Ahli literasi Manado telah tampil Dr Dwianita Conny Palar S.Pd M.Hum. Pengajar FIB Unsrat ini pakar kebudayaan. Nilai tradisional jelas keseimbangan buat nilai global. Hasilnya berupa keselarasan sosial. Komunitas sosial selayaknya memelihara tradisi lokal. Terutama dalam pendekatan ilmiah akademis. 


Budaya yang bersumber dari tradisi memang pengalaman. Patola makin populer sebagai instrumen upacara adat. Sumber kearifan lokal menjadi topik yang memadai. Sarana memahami kepribadian nasional. Oleh karena itu perlu adanya analisa estetika. Bahasan tentang etos kerja demi masa depan. 


Pengelolaan wisata air menjadi jawaban yang tepat. Industri pelayaran laku laris. Lapangan kerja pun meluas. Rakyat bisa makmur. 


Adanya ziarah religi di makam Imam Bonjol, masyarakat turut mendapat manfaat. Ajaran Tuanku Imam Bonjol selaras dengan perkembangan budaya. Tokoh panutan agung yang bijaksana. 


D. Wisata Religi


Termahsyur sebagai pahlawan nasional. Tuanku Imam Bonjol memiliki daya pesona. Orang datang hilir mudik. Ziarah untuk memenuhi ketentraman batin. 


Saat berkunjung ke Bunaken, Imam Bonjol memberi nasional keimanan. Air bening Bunaken sarana thaharah. Kawasan Bunaken merupakan miniatur maritim nan elok indah. Maritim merupakan aspek yang perlu perhatian. Pengalaman masa lalu bisa dijadikan pengetahuan. Wisata air Manado sungguh bikin kagum. 


Imam Bonjol menaruh perhatian pada kesucian air. Contoh wisata air membuat kelancaran roda ekonomi. Dinamika masyarakat Manado terkait dengan etos kerja. Semangat untuk melangkah secara kreatif dan produktif. Keselarasan sosial terbina karena tertib kerja yang teratur. 


Ambil contoh etos kerja Seniman. Pelaku seni menyajikan nilai estetika kebangsaan. Adat istiadat nusantara bertebaran dari Sabang sampai Merauke. Rembug budaya nusantara  bertempat di IAIN Manado Sulawesi Utara. Terjadi pada hari Kamis Kliwon, tanggal 10 Oktober 2024. Toleransi dan multi kulturalisme menjadi tema pembahasan utama.


Bahasan tentang filsafat Minahasa dikupas tuntas jelas tegas. Kearifan lokal dibicarakan dengan guyon oleh Prof Dr Ahmad Rahafi, M.HI. Rektor IAIN Manado begitu ramah murah, andhap asor. Micara miraga mirasa. Cinta pada budaya daerah. 


Dari segi semantik Minahasa punya makna. Mina berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti ikan. Hasa berarti harapan besar. Ciri khas budaya Minahasa adalah terbuka toleransi dan siap kerja sama. Gotong royong bersemi di Propinsi Sulawesi Utara. Pengamalan Pancasila memang nyata. Analisis dari segi semantik kebahasaan layak dilakukan. Tafsir semiotik untuk memahami budaya Minahasa yang agung.


Ulasan Ellen Manueke S.Pd M.Hum ini sungguh mengagumkan. Putri darah Minahasa ini menghayati betul arti penting filsafat Minahasa. Tingkah laku dan ucapan tampak luwes pantes mentes dhemes. Semangat untuk mendalami kearifan lokal dilakukan di kampus UGM. Dengan mengambil aspek linguistik. Bahasa menunjukkan bangsa. 


Tradisi Manado dikaji secara ilmiah. 

Kampus IAIN Manado yang berlokasi di Malendeng Paldua Manado sangat ampuh berpengaruh. Kali ini tempat aktivitas ilmiah. Konferensi internasional dengan tema pokok kebudayaan. The Presence of Multidisciplinary Studies and Research Results, Embracing World Changes. Berlangsung pada tanggal 10 - 13 Oktober 2024. Segenap akademisi hadir dengan berseri seri. Semangat dan bertekat yang sarat derajat. 


Studi budaya bisa saling tukar nilai nenek moyang. Lewat tembang mijil disajikan narasi warisan tradisional. Lantunan lagu mijil bermakna kelahiran. Cocok dengan filsafat Minahasa yang selalu dinamis dan optimis. Manado mengkaji tradisi masa lampau. 


Mijil Manado


Wus jumangkah siaga ing gati,

Ing kutha Manado, 

Pakempalan ageng para dosen, 

Ingkang gadhah kajad konferensi, 

Sami olah ngelmi, 

Murih bangsa maju. 


Sigra angrembag budaya seni,

Sinengkuyung Rektor, 

Dekan pangarsa pejabat gedhe, 

Sedyane antuk pikiran wening, 

Angudi piweling,

Dhawuhe leluhur.


Tanah Minahasa dikelilingi gunung dan laut. Lambang perputaran dunia yang silih berganti. Ibarat roda kehidupan. Kadang kadang bernasib di atas. Sekali tempo juga bernasib di bawah. Itu wajar wajar saja. Umum yang selalu bikin gumun. 


Manado unggul dalam tradisi. Kebajikan tanah Minahasa bertaburan di seluruh penjuru arah mata angin. Alam makin terang benderang. Dunia tambah pantas jelas lugu lugas. Nenek moyang masyarakat Manado menyukai upacara tradisi.


Penting memperhatikan unsur perairan. Maria Walanda Maramis pelopor gerakan wanita. Pahlawan nasional yang turut menjaga keagungan patola. Tiap tanggal 1 Desember wanita pelopor ini memberi pelajaran tradisi. Generasi muda lantas memberi penghormatan.


Wilayah Manado terkenal sebagai wisata air. Jalan untuk membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kota Manado menabur benih kebangsaan. Perjuangan panjang berhasil cemerlang.


Menejemen wisata air perlu pengalaman. Ilmu pengetahuan laut dan sungai cocok untuk peningkatan kualitas pariwisata. Manado memiliki pengetahuan dan pengalaman wisata air. Selayaknya menjadi referensi bagi pelaku maritim.


Bunaken terus mengibarkan bendera wisata. Air ikan dan perahu memikat kalbu. Pesona alam elok nan rupawan. Bangsa Indonesia layak untuk terus bersyukur. 


Potensi alam yang bagus layak disyukuri. Tadabbur alam diajarkan Tuanku Imam Bonjol. Ekologi mesti lestari. Berbuat kerusakan harus dihindari. Ajaran Imam Bonjol merupakan bahan refleksi kultural. Agama menganjurkan untuk melestarikan alam lingkungan.


Peto Syarif Ibnu Paninto Bayanuddin bergelar Tuanku Imam Bonjol. Tanggal 6 Nopember 1854 wafat ke Rahmatullah. Bersemayam di Lotta Pineleng Minahasa, Sulawesi Utara. Inilah Pahlawan Nasional. 

Acara ini bagian dari konferensi internasional. 


The Presence of Multidisciplinary Studies and Research Results, Embracing World Changes. Tema konferensi yang penting buat

 pengembangan kebudayaan nusantara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macapat Mahargya Dr Sudarmaji M.Pd.

Asal Usul Leluhur Prabowo Subianto

SUGENG RIYADI IDUL FITRI.