Konsep Ekonomi Mangkunegara IV untuk Prabowo Subianto.

 Konsep Ekonomi Mangkunegara IV untuk Prabowo Subianto. 


Purwadi, 

Ketua Lokantara. 

HP 087864404347


A.Pengusaha Mandiri


Amanat rakyat tanggal 14 Pebruari 2024 terlalu manis. Prabowo Subianto didaulat untuk memimpin Indonesia. Jadilah Presiden RI kedelapan. 


Masyarakat makmur lahir batin itu cita cita Prabowo Subianto. Indonesia kuat. Nusantara berwibawa. Ini gagasan sangat mulia. Wajar rakyat memberi dorongan. 


Kejayaan masa lampau perlu ditengok. Sri Mangkunegara IV contoh yang tepat. Prabowo Subianto terlalu akrab dengan tokoh Mangkunegaran. 


Masa pemerintahan Sri Mangkunegara IV berlangsung tahun 1853 -1881. Kejayaan Pura Mangkunegaran ditopang oleh suksesnya industri gula Colomadu dan Tasikmadu. Kebun teh, kopi, cengkeh di lereng gunung Lawu menghasilkan keuntungan berlimpah ruah.


Etika Mangkunegara IV dikaji oleh Prabowo Subianto. Maka sastra tingkat dunia berkembang. Serat Wedhatama dan Tripama menjadi bacaan bermutu. Pelajaran adi luhung warisan Sri Mangkunegara IV lestari hingga kini. Kehidupan rohani berkembang pesat dan mengagumkan.

Kejayaan Pura Mangkunegaran semakin mendunia di bawah kepemimpinan Sri Mangkunegara IV. Putra dalem: B.R.Ay PA Hadiwijoyo I ing Surakarta. Rama dalem putranipun RMTH Kusumodiningrat. Mantu dalem Sampeyan dalem Ingkang Sinuhun Paku Buwana III.


KPA Gusti Mangkunegara IV punika wayah dalem Kanjeng Gusti Mangkunegara II, sarta Buyut dalem Hingkang Sinuhun Paku Buwana III. Utawi buyut dalem KPH Hadiwijoyo Kartasura, seda ing Kali Abu. Naksederek kaliyan Kanjeng Gusti Mangkunegara III, sami saking Padmi mijil Sindurejan.


 Asma timur RM Sudiro. Wiyosan dalem: Malem Akat Legi jam 11 dalu. 1 Sapar Jimakir Windu Sancaya 1736. Wonten dalem Hadiwijayan. Supit dalem yuswa 13 warsa. Yuswa 22 tahun dipun pikramakaken putrinipun KPA Suryomataram. Ing dinten Sabtu Paing 20 Rejeb Dal 1759. Asma RMAr. Gondokusumo.


Nalika peputra satunggal nyarengi surud dalem K.G. II. Kagentosan wayah KGPAA Mangkunegara III. RM Gondokusumo nate nindakaken padamelan Patih, ngrangkep Kapiten Ajudan. Salajengipun dados Mayor infantri Legiun. Hanyarengi putra angka 14 garwa seda sareng lan kang putra Kawisuda dados KPAr Gondokusumo. Ing dinten Akat Pon 8 Rejeb Jimakir Windu Hadi 1778 Masei 17 Mei 1850.


Sasedanipun KG Mangkunegara III, KPAr Gondokusumo hanggentosi keprabon. Asma KGPA.Ar. Prabu Prangwadono. Luit Kol. Nuju dinten Jumuah Wage 14 Jumadil akir Jimawal 1781 Masei 24 Maret 1853, yuswa 43 warsa.


Nalika krama dhaup kaliyan putrinipun KG Mangkunegara III ingkang pambajeng saking Padmi putri Suryomijayan nyarengin dinten Selasa Wage 15 Ruwah Jimawal Windu Kuntara 1781. Garwa dalem yuswa 23 tahun. Lajeng peputra lumintu ngantos 13. Katetepaken dados Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario Mangkunegara IV. Kol Com Nuju dinten Rebo Kliwon 27 Sura Jimakir Windu Kuntara 1786. Kekancingan katitimangsa 16 Agustus 1857.


Yuswa dalem sampun 48. Mundhut garwa pawingking putri tilaranipun KPAr Nataningrat. Peputra kakung setunggal, asma KPA Nataningrat. Surud dalem: Jumuah Paing 8 Sawal Jimakir Windu Hadi 1810 Masei 2-9-1881. Dumugi yuswa 72 warsa. Jumeneng dalem 23 warsa.


Geneologi Mangkunegara IV sangat akrab dengan keluarga Prabowo Subianto. Sarana untuk menyambung tali silaturahmi. Ber bandha, ber bandhu. 


Kenangan atas surut Mangkunegara IV. 

Sinengkalan: Muksa Nunggal Hesthining Janma. Layon kasarekaken Pasarean Girilayu.

Putra-putri dalem wonten 32.


1. K.P.Ar. Gondokusumo II gantos KPH Hadiwijoyo IV.

2. B.R.Ay. Tondhokusumo

3. B.RM Sungkawa seda timur

4. B.P.A. Gondosuputro

5. B.P.A. Gondosewoyo.


6. B.P.A. Gondowijoyo

7. B.R.Aj. Pareng, seda timur

8. B.P.A. Gondosisworo

9. B.R.A. Condronegoro Bupati Brebes

10. KPA Gondoatmojo Maj Caval.


11. B.RM Suroyo, seda timur

12. B.R.Aj. Sepinah, seda timur

13. B.P.H. Gondosebroto, sedo

14. B.RM Sutadi, seda timur

15. Putri seda sareng ingkang ibu.


16. B.R.Ay. Suryoputra.

17. B.R.Aj. Suryohudoyo

18. B.R.Ay. Harjosugondo garwa Bupati Banyuwangi

19. B.P.A. Prabu Sudibyo, seda timur

20. B.RM Sunita KGPAA Mangkunegara V.


21. Putra kakung mios seda

22. K.P.Ar. Dayaningrat KGPAA Mangkunegara VI.

23. Putra seda timur

24. KPH Handoyonoto

25. KPA nDoyokusumo.


26. B.R.Ay. Prabuwijoyo, garwa putra dalem Sampeyan dalem Hingkang Sinuhun Paku Buwana IX.

27. GKR Paku Buwono X, garwa dalem Sampeyan dalem Ingkang Minulya saha Wicaksana Paku Buwana X.

28. Putra kakung mios seda

29. KPA Doyoseputra, lajeng seda

30. B.R.Aj. Suprapti, seda timur.

31. KPA Doyokisworo.

32. KPA Nataningrat.


Para garwa tuwin ampil dalem sadaya: 1) Garwa R.Ay.P.A. Gondokusumo. 

2) Garwa K.B.R.Ay. Adipati Arya Mangkunegara IV. 

3) Garwa pawingking R.Ay. Nataningrum. 4) Ampil M.Aj. Wiknyodiwati. 

5) Ampil M.Aj. Sutowati.

 6) Ampil M.Aj. Banowati.


Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara IV lahir pada tanggal 1 Sapar tahun Jimakir 1738 Çaka atau 1811 Masehi. Nama kecilnya adalah Raden Mas Sudiro.


Pada usia 10 tahun beliau dititipkan pada saudara sepupunya, KGPAA Mangkunegara III. Raden Mas Sudira diberi nama baru yaitu RMA Gandakusuma.


Unsur literasi didukung penuh Prabowo Subianto. Terutama untuk mengkaji sastra piwulang. Karya tulis Mangkunegara IV di antaranya:


Serat Wedhatama, Sendhon Langen Swara, Babad Wanagiri, Babad Giripura, Babad Tegalganda, Babad Tasikmadu, Babad Ngalamat, Babad Serenan, Werdi-ning Bangsal Tosan, Bendungan Tambak Agung, Bendungan Tirtaswara, Srikaton Tawangmangu, Nyanjata Sangsam, Wanagiri Prangwadanan, Werdining Pandel Mangkunegaran, Pasanggrahan Langenharja, Piwulang Warayagnya, Piwulang Wirawiyata, Piwulang Sriyatna, Piwulang Nayakawara, Piwulang Paliatma, Piwulang Salokatama, Piwulang Darmawasita.


Bidang estetika selalu didorong oleh Prabowo Subianto. Maka adanya piwulang Salokantara, Serat Tripama, Serat Yogatama, Serat Paraminta, Serat Paliwara, Serat Pariwara, Rerepen Manuhara, Pralambang Rara Kenya, Pralambang Kenya Cendhala, Jaka Lala, Prayangkara, Prayasmara, Rerepen, Dhalang, Namining Ringgit Semarang, Sendhon Langen Swara, Sekar Ageng Citramengeng, Langen Gita, Sekar Ageng Kumudasmara, Gendhing Walagita, Sekar Ageng Pamularsih.


Gendhing Raja swala, Sekar Ageng Kusumastuti, Sita Mardawa, Sekar Ageng Mintajiwa, Gendhing Puspawarna, Sekar Tengahan Palungon, Gendhing Puspanjala, Sekar Tengahan Pranasmara, Gendhing Tarupala, Sekar Tengahan Pangajabsih, Gendhing Puspa Giwang, Kinanthi Sekar Gadhung, Gendhing Lebdasari, Sekar Sari Gadhing, dan Ladrang Manis Widara Kuning.


Kisah bisnis Mangkunegara IV dihayati Prabowo Subianto. Harapan masa depan makin indah. Indonesia memang gemah ripah loh jinawi. 


B. Filsafat Bisnis Mangkunegara IV.


Pelajaran ekonomi kreatif KGPAA Mangkunegara IV diperhatikan oleh Prabowo Subianto. Pengalaman adalah guru terbaik. Experience is the best teacher. 


Operasi bisnis Mangkunegaran berkembang pesat.

Mangkunegara IV menerangkan konsep ontologi, epistemologi, dan aksiologi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan sebagai berikut:


Ngelmu iku kalakone kanthi laku,

lekase lawan kas,

tegese kas nyantosani,

setya budya pangekese dur angkara.


Angkara gung neng angga anggung gumulung,

gegolonganira,

triloka lekere kongsi,

yen den umbar ambabar dadi rubeda.


Beda lamun kang wus sengsem reh ngasamun,

semune ngaksama,

sasamane bangsa sisip,

sarwa sareh saking mardi martatama.


Taman limut durgameng tyas kang weh limput,

kerem ing karamat,

karana karoban ing sih,

sihing sukma ngrebda sahardi gengira.


Yeku patut tinulad tulad tinurut,

sapituduhira,

aja kaya zaman mangkin,

keh pra mudha mudhi dhiri rapal makna.


Uger lugu den ta mrih pralebdeng kalbu,

yen kabul kabuka,

ing drajad kajating urip,

kaya kang wus winahya sekar srinata.


Basa ngelmu mupakate lan panemu,

pasahe lan tapa,

yen satriya tanah Jawi,

kuna kuna kang ginilut tripakara.


Lila lamun kelangan nora gegetun,

trima yen ketaman,

sakserik sameng dumadi,

tri legawa nalangsa srah ing Bathara.


Terjemahan:


Ilmu itu terwujud dengan laku,

dimulai dengan kemauan

kemauan membuat sentosa,

budi setia penghancur nafsu angkara.


Angkara besar di dalam diri selalu berkumpul

dengan kelompok nafsu,

menguasai tiga dunia,

bila dibiarkan berkembang menjadi bahaya.


Lain dengan yang gemar kepada rokhaniah,

nampak selalu mengampuni,

segala kesalahan,

bersikap sabar karena berbudi baik.


Dalam sepi hati jahat yang menguasai

tenggelam karena rahmat,

sebab dikuasai cinta kasih,

kasih suksma segunung besarnya.


Itulah yang pantas diikuti petunjuknya,

jangan seperti zaman sekarang,

banyak anak muda

mengagungkan rapal dan mantera.


Asal benar dalam meningkatkan pikiran,

bila terkabul terbukalah

dalam derajat keinginan hidup,

seperti diutarakan tembang sinom tadi.


Namanya ilmu cocoknya dengan pendapat,

berhasilnya dengan bertapa,

bagi satria Jawa,

dahulu yang menjadi pegangan tiga hal.


Rela apabila kehilangan tidak kecewa,

menerima bila mendapat cobaan

yang menyakitkan hati

ikhlas, menyerahkan kepada Tuhan.


Laku dalam arti ini dilakukan pula pada waktu orang menginjak usia tua dalam menghadapi dan mencari sampuraning pati. Contoh yang digemari sekali oleh orang Jawa tentang laku ini adalah usaha dan perjalanan yang dilakukan Harya Bratasena yang dengan mempertaruhkan jiwa raganya dengan patuh menjalankan perintah gurunya Sang Hyang Drona untuk kemudian menemukan dirinya sendiri dalam Lakon Dewaruci. Ngelmu dan laku merupakan sesuatu rangkaian yang mutlak dan hal ini dinyatakan di dalam bait yang terkenal di dalam bentuk tembang Pucung, termuat dalam Serat Wedhatama.


Wewarah logika etika estetika dilakukan Prabowo Subianto. Sebagai bekal untuk pengabdian pada rakyat. 


KGPAA Mangkunegara IV wafat dalam usia 72 tahun, tepatnya tahun 1810 Jawa atau 1880 Masehi, dengan meninggalkan 11 putra-putri.

Karya karya Mangkunegara IV hingga sekarang masih menyebar dan berakar kuat di lingkungan kebudayaan Jawa. Sastra mistik yang terkenal di lingkungan budaya Jawa adalah Serat Wedhatama karya Mangkunegara IV.


Setelah mengenakan busana barunya Sri Paduka Kanjeng Gusti duduk kembali di pendapa menyalami para tamu.


Minuman pun segera diedarkan berkali-kali, dan pada pukul dua belas dilanjutkan dengan makan siang diiringi bunyi gamelan serta seruan “huse” berkali-kali serta lagu-lagu yang diiringi gending yang nikmat didengar. Indahnya suara yang terdengar seolah-olah menghanyutkan hati, sehingga para tamu merasa sangat gembira. Segenap para tuan menunjukkan rasa persahabatan yang sangat akrab, dengan mengucapkan kata-kata yang lemah-lembut, tiada putus-putusnya seperti turunnya hujan kemala.


Sesudah pukul tiga selesailah kembul bujana andrawina itu, dan para tamu pun minta diri. Waktu itu Sri Paduka Kanjeng Gusti masih pulang ke rumah kediaman timur, diiringkan para mantri punggawa dan perwira. Setibanya di rumah lalu duduk di luar. Raden Tumenggung Mangkureja dan para mayor mohon, jika diperkenankan hendak menyampaikan sembah, mencium kaki.


Jawab Sri Paduka Kanjeng Gusti, “Baiknya besok pagi saja jika kalian dan kawan-kawan kalian semua hendak melakukan sembah. Lagipula segenap bapak dan eyang hendaknya diberi tahu bahwa yang hendak memberi ucapan selamat supaya datang besok pagi. Sekarang bubarlah dulu karena kalian masih lelah.”


Oleh karena yang mendapat perintah menyatakan kesediaannya. Mereka menyembah lalu keluar. Setibanya di luar sang mantrimuka lalu meratakan perintah. Semuanya bubar, kembali ke rumah masing-masing, dan yang tinggal hanyalah dua orang punggawa yang bertugas jaga di pringgitan beserta beberapa orang prajurit jaga yang melakukan penjagaan di depan dan di belakang sampai saatnya matahari tenggelam.


Malam harinya sekitar pukul delapan para tamu sudah lengkap datang menghadap. Segenap putra sentana, para bapak, eyang, kakak, serta para mantri nayaka, para manggala prajurit semua telah lengkap. Di dalam dan pringgitan sudah penuh. Di dalam pura berkumpul para putri yang terhitung sebagai ibu, eyang, adik semuanya menghadap Raden Ayu Adipati tua yang berkuasa di dalam pura. Dan Raden Ayu Tumenggung Mangkureja adalah yang menjadi pramugari segala macam pekerjaan serta pembagi tugas.


Kocap kacarita malam itu segenap keluarga laki-laki dan perempuan telah sama-sama datang menghadap. Yang tidak mendapat bagian tugas pun, yakni para kakek dan keluarganya turut serta datang membantu.


Ditambah para ulama, khatib, lebai, petugas agama, para marbot, perdikan yang seluruhnya memenuhi halaman hingga penuh sesak. Berkatalah Sri Paduka Kanjeng Gusti kepada Raden Tumenggung Mangkureja, demikian, “Kanda, saya bennaksud pindah ke gedung kepolisian saja, dan di sana akan saya jadikan pesanggrahan. Hal itu atas pertimbangan agar tidak menambah pekerjaan dan supaya sama-sama terpelihara. Yang menjaga dan memelihara rumah ini ukuplah anak-anak saya sendiri. Anak-anak itu akan berada di bawah pimpinan anak saya Seputra.”


Raden Patih setuju seraya jawabnya, “Apakah paduka berkehendak lekas-lekas pindah? Jika sekiranya paduka setuju, saya mohon ditangguhkan dulu untuk sementara waktu. Sebabnya ialah karena terhalang oleh hari kelahiran paduka Pada hari Ahad Legi depan. Karenanya jika disetujui, kelak Pada hari senin Pahing yakni setelah keperluan selesai. Jadi setelah pekerjaan yang penting telah terlaksana. Meskipun demikian semuanya terserah kembali kepada paduka. Sesungguhnya tidak ada masalah yang meragukan.”


Jawab Sri Paduka Kanjeng Gusti, “Usul dan pertimbangan ingkang raka itu baik. Lagipula para ingkang rama-pasti setuju pula.” Setelah pembicaraan selesai, sekitar pukul sepuluh malam segenap yang rawuh telah diperkenankan bubar. Yang tinggal hanyalah punggawa yang kebetulan menerima tugas jaga. Mereka berkumpul memperlihatkan baktinya.


Semalam suntuk tidak ada yang tidur, berjaga sambil bermain kartu. Di dalam pura pun mereka yang terhitung sebagai ibu, nenek, eyang berbuat serupa.

Pagi harinya sekitar pukul delapan segenap punggawa telah hadir.


Para sentana, dan mereka yang terhitung sebagai ayah, kakak, para putra besar-kecil sudah menghadap seperti malam harinya. Sri Paduka Kanjeng Gusti segera keluar lalu duduk di pringgitan di atas kursi berjajar dengan para arya yang tua-tua. Tak lama kemudian mereka yang akan memberi ucapan selamat segera maju, yang paling dulu bersalaman ialah Raden Mas Arya Sarosa. Ia terhitung sebagai eyang, kemudian disusul oleh Kanjeng Pangeran Nataningrat, yang terhitung sebagai ayah, kemudian ayahandanya, Kanjeng Pangeran Suryamijaya, kemudian para kakandanya berturutan memberi salam.


Kemudian giliran para putra, semuanya menyembah dan mencium kaki.


Kemudian para sentana tua-muda, ada yang bersalaman, ada yang menyembah dan mencium kaki. Setelah para putra dan sentana selesai bergantian segenap punggawa. Tak putus putusnya berurutan, mengalir berganti-ganti menyembah, sampai selesai besar-kecil tak ada yang kelewatan, lalu kembali ke tempatnya semula. Berderet panjang duduk berjajar dengan wajah menunduk bagaikan menyentuh tanah. Pada waktu itu Sri Paduka Kanjeng Gusti memberikan perintahnya kepada Menteri muka dan para Mayor untuk mempersiapkan segala sesuatu berkenaan dengan peringatan hari kelahirannya, yang berlangsung Pada hari Ahad Legi esok harinya,


“Persiapkanlah seperti yang sudah-sudah. Jalannya upacara pun jangan di ubah.”


Maka yang mendapat perintah menyembah dan menyatakan kesanggupannya lalu keluar. Setibanya di luar lalu menyampaikan perintah tadi kepada segenap Mantri, punggawa serta perwira. Sesudah diumumkan lalu diadakan pembagian tugas dan mulai mengadakan persiapan-persiapan. Dikabarkan pula kepada segenap keluarga yang masih terhitung sebagai ayah ataupun kepada para pangeran ipar dalam pura, yakni tiga orang pangeran. Para ajudan yang diutus segera tindak sesuai tugasnya masing-masing. Sesudah utusan tindak, dan sesudah pembicara¬an selesai mereka bubar. Lalu menyelesaikan tugasnya masing masing.


Pagi harinya segenap balatentara, nayaka, mantri, punggawa sudah menghadap dengan busana yang rapi. Demikian pula para perwira sudah mengatur barisannya masing-masing. Berkelompok kelompok sesuai dengan pangkatnya serta tugasnya dalam upacara pakurmatan itu.


Wadyabala salvo dua ratus orang sudah siap di halaman. Meriam ditempatkan di depan di luar pintu gerbang, sedang yang lain-lain yang akan memberikan pakurmatan sudah diatur dan ditempatkan di tempat biasanya. Segenap nayaka, punggawa, mantri, ngabehi, demang berkumpul di bawah atap serambi di ujung barat. Pimpinan upacara, yakni sang mantrimuka telah duduk di lantai yang bergambar bentuk limaran, mengenakan busana bagahan. Di kiri kanannya duduk para mantri nayaka.


Merekalah yang akan membacakan doa dalam upacara hari kelahiran itu. Gamelan besar slendro dan pelok, Kyai Lipur dan Kyai Tamba honeng masing-masing seperangkat ditempatkan di serambi timur. Monggang ditempatkan di depan lurus dengan pintu gerbang besar.


Sesudah pukul sembilan Sri Paduka Kanjeng Gusti yang mengenakan busana kebesaran panglima keluar dengan berpayung kuning perada, diiringkan segenap putra sentana yang membawa benda -benda upacara, tempat sirih emas dengan tempat meludah emas dekat di belakangnya. Setibanya di pendapa Sri Paduka Kanjeng Gusti duduk di kursi berdampingan dengan para pangeran, adik adik, kakak, dan ketiga iparnya yang juga telah hadir, yakni Kanjeng Pangeran Jayakusuma, Kanjeng Pangeran Panji Priyambada, dan Kanjeng Pangeran Kusumadilaga.


Ketiga orang pangeran tersebut sejak semula, sewaktu mendiang Sri Paduka Kanjeng Gusti yang ketiga, terbawa oleh istri-istrinya dianggap sebagai saudara sendiri. Sampai selanjutnya pun masih tetap disebutkan dalam pemanggilan. Akan tetapi di dalam percakapan maupun lakunya pakurmatan, Sri Paduka Kanjeng Gusti tidak merubah tatanan ayahandanya. Pada pukul sebelas berbunyilah tengara isyarat. Para prajurit kehormatan segera bersiap-siap. Semua sudah siap-sedia. Sri Paduka Kanjeng Gusti lalu memberi perintah kepada ingkang rayinya, Kanjeng Pangeran Suryadiningrat, yang segera tanggap dan meneruskan perintah kepada Mas Penghulu untuk membacakan doa hajad hari kelahiran Ahad Legi.


Cerita kehidupan bangsawan ada hikmah. Prabowo Subianto bisa berpikir jernih. 


Mas Penghulu mengangguk lalu berdoa. Suaranya keras, jelas dan sedap didengar, lagipula kir’at lafalnya tepat.


Doa diucapkan tiga kali bergantian dengan kedua khatibnya. Selesai doa gamelan Monggang kehormatan segera ditabuh. Berbaur dengan suara gendhing, maka para perwira memberi hormat senjata diiringi tabuh tabuhan. Selesai menghormat berdentumlah tembakan salvo dari dua ratus prajurit sebanyak tiga kali, ditingkah suara meriam tujuh belas kali. Selesai seluruh pakurmatan terdengar lagi tengara isyarat. Kemudian segenap perwira merapat ke tempat mayor komandan, yang kemudian membawanya naik ke pendapa, menghadap untuk memberikan laporan. Mereka dipersilakan duduk di kursi, berjajar, diatur menurut pangkatnya.


Demikian pula Raden Tumenggung Mangkureja dan kawankawannya maju seraya menyembah.

Mereka telah dipersilakan duduk di kursi di sebelah kanan. Di sebelah kiri adalah para opsir berhadap-hadapan dengan para punggawa. Suasana tersebut dimeriahkan oleh bunyi gamelan yang laras diiringi suara para suarawati dan wirasuara, terdengar sangat merdunya.

Kemudian keluarlah berbagai macam ngunjukan, dan para tamu dipersilakan memilih sesuka hati.


Jam dua belas si-ang keluarlah santapan aneka warna yang serba lezat. Ucapan selamat yang disertai ngunjukan berlangsung tujuh kali diiringi sorakan bergemuruh berulang-ulang. Gembira hati para perwira, tampak keberaniannya. Berkali-kali mereka ngunjuk memenuhi keinginannya, namun tidak mengakibatkan mereka mabuk.


Selesai bersantap Sri Paduka Kanjeng Gusti berkenan memanggil segenap sersan dan kopral Legiun, yang segera menghadap, berjajar di bawah tangga pendapa. Secara bergiliran mereka diberi ngunjukan jenewer, terus menerus sampai puas. Mereka diberi kebebasan untuk bergembira ria sampai mabuk, sehingga merasa paling gagah bagaikan harimau. Tanpa ragu-ragu mereka berganti sikap, dan dengan senang dijadikan tertawaan. Serempak membuat lelucon bersama teman temannya. Mereka turut menyanyi beramai-ramai, suaranya riuh gemuruh menyenangkan hati para penonton.


Sehari penuh mereka bergembira. Setelah pukul tiga siang mereka diperbolehkan bubar, dan pergilah mereka dari arena tari. Sri Paduka Kanjeng Gusti segera kembali ke tempat kediamannya yang lama diiringkan segenap putra-sentana. Tiba di tempat kediamannya, para pendherek lalu pulang ke rumah masing-masing. Demikian pula para punggawa dan prajurit. Malamnya tidak dikisahkan, sedang pagi harinya akan me¬laksanakan kepindahannya ke gedung kepolisian. Ki Patih dipanggil, tak lama antaranya datang. Sri Paduka Kanjeng Gusti bertanya, “Raka mas, saya jadi pindah dari rumah saya ini. Bagaimana persiapannya?”


Raden Tumenggung bersembah, “Sudah saya persiapkan.


Jika sewaktu-waktu paduka hendak enggar-enggaring penggalihke sana, saya menyanggupi persiapannya.” Ki Patih lalu menoleh ke arah para mantri, ngabehi, dan para demang semua supaya bersiap memindahkan tempat tidur. Tempat tidur itu dipasang di kamar baratdaya, bekas kamar Pelaksana eksekutif lokal dulu. Kamar itulah yang dihias, berkelambu, berkorden sutra bersulam, bertirai bagaikan mendung bergerak menutup bintang, jika siang hari tampak samar samar seperti bunga menur yang sedang mekar. Diselingi sulaman dan hiasan bergantungan menyelimuti tempat tidur yang menjadi syahdu karena hiasan-hiasan yang mengelilinginya.


Selesailah sudah pekerjaan menghias kamar tidur itu. Segera sesudah itu Sri Paduka Kanjeng Gusti nitipriksa masuk ke dalam kamar, membawa niat yang kuat untuk selalu bertindak secara utama.


Dan selalu melaksanakan kebaikan, mengusahakan keselamatan dunia. Semua itu akan dipegang teguh sebagai pegangan pelaksanaan tugas, agar laku durjana dapat diberantas, sedangkan falsafah dwiastha, yakni pedoman kepemimpinan yang delapan diringkas menjadi dua dapat selalu menjadi acuan. Sumbernya kemanusiaan ialah mampu mengatur segala galanya. Dikendalikannya apa yang disebut sebagai nafsu seorang pria dengan siraman bahasa penyelamat, deras merata, senantiasa tiada putus-putusnya.


Bagaikan turunnya embun di musim kemarau, dan itulah sebabnya Pelaksana eksekutif lokal mencurahkan segenap rasa cintanya. Dengan cepat terpikat dan merasa seperti saudara seayah-ibu.


Akrab tanpa ragu ragu, nasihat-nasihat selalu mengalir. Halus dan utama untuk diajarkan sebagai tali pengikat persaudaraan. Hal itu dapat disebut sebagai hasil dan terpeliharanya kebajikan yang selalu dikembangkan dengan cara yang adil. Saling bersikap manis sehingga jelas memperteguh persaudaraan, sedangkan halusnya tutur kata benar-benar merupakan makotanya perintah.


Kata-kata yang diucapkan tidak menggunakan sindiran, namun diutarakan secara terbuka. Terkena oleh aturan yang adil diusahakan seperti terangnya cahaya matahari yang bersih. Diharapkan dapat mempengaruhi hati seluruh kawula dasih senegeri, menjadikan baunya harum dan manis serta selalu menunjukkan rasa kasih dalam segala perilakunya. Mahir dalam segala bahasa yang dapat menimbulkan perasaan seia sekata, sehingga seluruh negeri menjadi susila. Memberantas kejahatan, dinasihati supaya mengikuti jalan yang baik.


Meniadakan pengacau, dan dengan sukarela berbuat yang baik. Deras dan tiada henti-hentinya bau harum semerbak. Bahkan sebagai hiasan dunia wibawa Sri Paduka Kanjeng Gusti yang baru saja winisuda itu. Tak ubahnya dengan cerita Prabu Wibisana dulu, ketika menggantikan tahta di Alengka.


Pribadinya sangat terbuka, hatinya sangat bijaksana. Raja yang melenyapkan kegelapan, ahli dan selalu memuja gerak geriknya selalu berkeseimbangan, menerangi sedunia. Begitu indahnya sehingga bagaikan usaha bagi seluruh jagad, bagaikan air penghidupan jika dengan derasnya dihamburkan oleh angin prahara, menimbulkan ketenangan di seluruh dunia. Menjadi terang dan merata cahaya dunia terkena oleh kehalusannya. Rendah hati serta memperhatikan agama yang mulia, dilengkapi pengutaraan dengan kata-kata yang terpuji.


Tak diperpanjang lagi mengenai kepribadian Sri Paduka Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Prabu Prangwadana dalam mengusahakan keselamatan negeri dan kesejahteraan kawula dasihnya. Kini dikisahkan rasa belas kasihan Pelaksana eksekutif lokal kepada Sri Paduka Kanjeng Gusti yang belum mempunyai permaisuri. Hal itu terasa sebagai suatu kekurangan, dan menyebabkan Pelaksana eksekutif lokal sedih dan terharu melihatnya. Oleh karena itu Eksekutif lokal ingin mengawinkan Sri Paduka Kanjeng Gusti. Dan Eksekutif lokal ingin menjodohkannya dengan Ingkang Minulya Gusti Bendara Kusuma kembangnya pura. Apalagi Pelaksana eksekutif lokal memang telah mencalonkannya sejak lama, sehingga segala pembicaraan mengenai hal itu akan dilakukannya sendiri. Menurut pendapatnya tidak perlu diragukan, benar-benar merupakan pasangan utama, lengkap dan seimbang dengan kewibawaannya.


Jika keduanya menurut, pasti akan baik kesudahannya. Pelaksana eksekutif lokal segera pergi menemui Gusti Bandara, yang sudah dianggap sebagai putranya sendiri.


Waktu itu diberi tahu, bahwa akan dijodohkan dengan orang yang menjadi tonggaknya negeri penerang datulaya. Pelaksana eksekutif lokal membujuknya dengan sungguh-sungguh dan dengan lemah-lembut, “Duhai putraku Gusti Bandara. Kuharap panjenengan menurut, karena wajib dalam hidup ini taat kepada ajaran para leluhur. Yang menjadi teladan hidup ini ialah harus kawin. Apalagi dengan orang yang seimbang kewibawaannya, pantas menjadi pembesar negeri. Yang dinasihati bersedia, dan pada akhirnya kedua orang yang didorong demi kebahagiaannya itu pasrah tanpa syarat.


Pelaksana eksekutif lokal merasa lega karena pembicaraannya telah selesai. Akan tetapi pernikahannya belum dapat dilaksanakan karena terhalang gerahnya Sri Paduka Kanjeng Gusti. Seluruh keluarga merasa sedih, dan berda-tanganlah laki-laki dan perempuan serta punggawa, demikian pula Pelaksana eksekutif lokal pun sangat sudah hatinya. Tiap hari datang utusannya, menjenguk dan menanyakan gerahnya Sri Paduka Kanjeng Gusti.


Kocap kacarita Sang Kusuma hiasan pura Sri Paduka Kanjeng Gusti Bandara, sejak Sri Paduka Kanjeng Gusti gerah, perasaan Ingkang Minulya Gusti Bendara terpengaruh. Ia terserang rasa rindu, sangat pedih, dan keraguan pun bersemi di hatinya. Ada keinginan untuk menjenguknya, akan tetapi terhalang kalau-kalau menjadi cela bagi seorang wanita. Betapa tidak, karena bagaimanapun juga jika terlihat oleh masyarakat, buruklah tampaknya.


Ingkang Minulya Gusti Bendara jadi bingung, dan akhirnya menggunakan perantara. Mengutus seseorang untuk melihat gerahnya Sri Paduka Kanjeng Gusti, parah atau tidaknya. Jika benar-benar parah, tidak urung akan pergi menjenguk. Utusan segera tindak, tak lama antaranya telah kembali. Laporannya: benar memang gerah. Akan tetapi tidak seberapa, sehingga tenanglah hati sang putri.


Dalam pada itu Sri Paduka Kanjeng Gusti yang sedang gerah, setiap pagi dokter yang merawatnya datang dan merawat dengan sungguh sungguh. Sudah tiga hari dirawat namun belum berkurang juga gerahnya, masih terasa sesak dan panasnya hawa rumah di siang hari.


Ketika Pelaksana eksekutif lokal menjenguk telah diutarakan pula bahwa rumah itu terasa panas dan gersang terhadap tubuh. Oleh karena itu Sri Paduka Kanjeng Gusti hendak kembali saja ke kediaman semula, dan gedung kepolisian itu ditinggal dan dikosongkan. Seluruh keluarga turut berjaga seperti ketika baru saja winisuda.


Bahkan sekarang semakin banyak sejak Sri Paduka Kanjeng Gusti menderita gerah karena tersebar luasnya berita itu. Berita itu semakin jauh tersiar sampai terdengar oleh Ingkang Minulya Gusti Bendara sehingga menambah kesedihannya. Perasaannya selalu disembunyikan. Akan tetapi akhirnya tampak juga, karena sinarnya memancarkan kedukaan. Pada waktu itu beliau lalu memanggil ingkang rayinya, Kanjeng Pangeran Suryadiningrat, tak lama antaranya datang menghadap.


Ingkang Minulya Gusti Bendara berkata, “Duhai adikku. Bagaimana seyogyanya aku ini, apakah baik jika aku menjenguk yang sedang gerah.


Ini baru menurut perasaanku sendiri berdasarkan kelumrahan berkeluarga, karena adanya ucapan, bahwa karena adanya perasaan sayang atau kesibukan, atau karena susah dan sakit, menurut kata orang wajib kita menjenguknya. Meskipun demikian saya akan selalu menurut apa yang menjadi saran ingkang rayi. Itulah sebabnya ingkang rayi aku mintai pertimbangan. Jika ingkang rayi tidak setuju, saya pun akan membatalkan niatku untuk menjenguk gerahnya kakandamu.”


Ingkang rayi berdatang sembah, “Kehendak paduka untuk menjenguk gerahnya ingkang raka itu benar


Menurut pendapat saya, siapa yang tahu apa yang akan terjadi kelak. Yang menjadi dasar pemikiran hanyalah melakukannya demi kerukunan bersaudara.


Begitulah pendapat saya.” Ingkang mbakyu berkata lagi, “Sendika dhawuh ingkang rayi. Jika panjenengan telah setuju terhadap apa yang kita kehendak, mari, antarkanlah saya ke kediaman kakandamu. Saya ingin menjenguknya barang sebentar.”


Ingkang rayinya bersedia, pamit pergi sebentar memberi tahu eyangnya Pangeran Suryamijaya. Kemudian memberi perintah kepada abdinya supaya bersiap karena hendak mengantar kepergian sang Putri. Sesudah itu ia kembali ke dalam menghadap ingkang mbakyu, Ingkang Minulya Gusti Bendara menyatakan bahwa semuanya telah siap.


Tak lama antaraya telah keluar dari rumah besar, berjalan berbimbingan tangan dengan ingkang rayinya; Kanjeng Pangeran Suryadiningrat. Eyangnya, Kanjeng Pangeran Suryamijaya berjalan di depan, di belakang mengiringkannya para wanita dalam pura. Para bibindanya serta para abdi perempuan, demikian pula para putra pria turut serta mengiring di belakang.


Setibanya di pura timur mereka lalu masuk. Sudah bertemu dengan Sri Paduka Kanjeng Gusti, yang ketika itu sedang tidur-tiduran di lantai dikelilingi sekesel.


Di tempat itu juga pertemuannya. Sedangkan yang terhitung sebagai adik, ayah, eyang semuanya turut masuk. Tak lama kemudian mereka keluar duduk di pringgitan. Maka berkatalah Sri Paduka Kanjeng Gusti kepada Gusti Bandara, “Duhai Raden Ajeng. Saya beri tahu tentang sakitku ini. Sesungguhnya tidak apa-apa, hanya karena perasaan saja.


Mengapa saya kembali ke pura ini, ialah karena ketika saya menyendiri di sana, rasanya tidak enak karena angin dan panas selalu bertiup. Akibatnya terasa semakin tidak nyaman dan tidak krasan lagi. Ditambah pula saran Pelaksana eksekutif lokal, katanya tak baik orang yang sedang sakit tinggal di tempat yang panas. Menurut pendapatku, yang menyebabkan aku sakit ialah karena pengaruh rumah.”


Sang putri bertanya lembut, “Sekarang ini bagaimana rasanya? Apakah sudah terasa berkurang atau masih tetap saja?” Atas pertanyaan itu Sri Paduka Kanjeng Gusti menjawab,


“Ya, sudah banyak berkurang. Rasa kembung sudah dan semakin terasa enak, bahkan seleraku jika melihat buah-buahan yang enak-enak semakin bertambah. Sekarang ini tinggal rasa lesu saja yang masih ada. Jika ada kemurahan Gusti Allah , kiranya akan segera pulih kembali.”


Dinamika kehidupan Mangkunegaran sungguh patut dikenang. Prabowo Subianto bisa mengambil pelajaran. Buat pengabdian pada rakyat. 


Kinanthi


1.Mangka kanthining tumuwuh,

Salami mung awas eling,

Eling lukitaning dumadi,

Supadi nir ing sangsaya,

Yeku pangreksaning urip.


2.Marma den taberi kulup,

Angulah lantiping ati,

Rina wengi den anedya,

Pandak panduking pambudi,

Bengkas kahadaning driya,

Supaya dadya utami.


3.Pangasahe sepi samun,

Aywa esah ing salami,

Samangsa wis kawistara,

Lalandhepe mingis mingis,

Pasah wukir reksamuka,

Kekes srabedaning budi.


4.Dene awas tegesipun,

Weruh warananing urip,

Miwah wisesaning tunggal,

Kang atunggil rina wengi,

Kang mukitan ing sarkasa,

Gumelar ngalam sakalir.


5.Aywa sembrana ing kalbu,

Wawasen wuwus sireki,

Ing kono yekti karasa,

Dudu ucape pribadi,

Marma den sembadeng sedya,

Wewesen praptaning uwis.


6.Sirnakna semanging kalbu,

Den waspada ing pangeksi,

Yeku dalaning kasidan,

Sinuda saka sathithik,

Pamothahing nafsu hawa,

Linalantih mamrih titih.


7.Aywa mematuh nalutuh,

Tanpa tuwas tanpa kasil,

Kasalibuk ing srabeda,

Marma dipun ngati-ati,

Urip keh rencananira,

Sambekala den kaliling.


8.Upamane wong lumaku,

Marga gawat den liwati,

Lamun kurang ing pangarah,

Sayekti karendhet ing ri,

Apese kasandhung padhas,

Babak bundhas anemahi.


9.Lumrah bae yen kadyeku,

Atetamba yen wus bucik,

Duweya kawruh sabodhag,

Yen tan nartani ing kapti,

Dadi kawruhe kinarya,

Ngupaya kasil lan melik.


10.Meloke yen arsa muluk,

Muluk ujare lir wali,

Wola wali nora nyata,

Anggepe pandhita luwih,

Kaluwihane tan ana,

Kabeh tandha tandha sepi.


11.Kawruhe mung ana wuwus,

Wuwuse gumaib gaib,

Kasliring thithik tan kena,

Mancereng alise gathik,

Apa pandhita antiga,

Kang mangkono iku kaki.


12 Mangka ta kang aran laku,

Lakune ngelmu sajati,

Tan dahwen pati openan,

Tan panasten nora jail,

Tan njurungi ing kahardan,

Amung eneng mamrih ening.


13.Kaunanging budi luhung,

Bangkit ajur ajer kaki,

Yen mangkono bakal cikal,

Thukul wijining utami,

Nadyan bener kawruhira,

Yen ana kang nyulayani.


14.Tur kang nyulayani iku,

Wus wruh yen kawruhe nempil,

Nanging laire angalah,

Katingala angemori,

Mung ngenaki tyasing liyan,

Aywa esak Aywa serik.


15.Yeku ilapating wahyu,

Yen yuwana ing salami,

Marga wimbuh ing nugraha,

Saking heb Kang Maha Suci,

Cinancang pucuking cipta,

Nora ucul ucul kaki.


16.Mangkono ingkang tinamtu,

Tampa nugrahaning Widhi,

Marma ta kulup den bisa,

Mbusuki ujaring janmi,

Pakoleh lair batinnya,

Iyeku budi premati.


17.Pantes tinulad tinurut,

Laladane mrih utami,

Utama kembanging mulya,

Kamulyaning jiwa dhiri,

Ora ta yen ngeplekana,

Lir leluhur nguni uni.


18.Ananging ta kudu kudu,

Sakadarira pribadi,

Aywa tinggal tutuladan,

Lamun tan mangkono kaki,

Yekti tuna ing tumitah,

Poma kaestokna kaki.


Syair estetis cocok dengan visi misi Prabowo Subianto. Rakyat perlu membantu. Agar negeri makin maju. 


Kebijakan tentang pembinaan nilai kebangsaan memang perlu dikembangkan kepada segenap warga negara. Sri Mangkunegara IV memberi semangat kesetiaan, kebangsaan dan keberhasilan lewat serat Tripama.


Tiga suri teladan yaitu Suwanda, Kumbakarna, dan Adipati Karna adalah tokoh yang mumpuni. Ketiganya patut dijadikan suri teladan. Manajemen loyalitas ini pernah diulas disertasi mengenai kearifan lokal. Orang mengabdi kepada bangsa dan negara harus setia, berbudi luhur, rela berkorban dan memiliki kemampuan. Mereka adalah pahlawan sejati yang pantas diteladani.


Mangkunegara IV pribadi luhur agung anggun. Berhasil menganyam peradaban besar. Berupa drajat pangkat semat, wirya arta winasis, guna kaya purun.


Prajurit sejati berjuang untuk negeri. Prabowo Subianto memimpin untuk kesejahteraan rakyat. Konsep ekonomi Mangkunegara IV sangat tepat. Sukses masa silam terus berlanjut. 


Indonesia punya harapan besar. Prabowo Subianto pemimpin berpengalaman. Pengetahuan luas bisa memperlancar tugas. Yakni mewujudkan masyarakat adil makmur. 


Kawi sekar arum ing Nusa Kambana. 

Trah kusuma ngudi jayaning negara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Asal Usul Leluhur Prabowo Subianto

SUGENG RIYADI IDUL FITRI.

Macapat Mahargya Dr Sudarmaji M.Pd.