BUMI BANYUWANGI

 BUMI BANYUWANGI 

Oleh : 

Dr Purwadi SS M.Hum.

Ketua LOKANTARA, Lembaga Olah Kajian Nusantara. Hp 087864404347


A. Narendra Gung Binathara. 


Dalam sejarah priyayi Banyuwangi sesungguhnya masih trahing kusuma rembesing madu, wijining atapa, tedhaking andana warih. Keturunan narendra gung binathara, mbahu dhendha nyakrawati, ambeg adil paramarta, ber budi bawa laksana, memayu hayuning bawana. 


Sejarah Banyuwangi berhubungan erat dengan kerajaan Kahuripan, Jenggala, Daha, Kediri dan Singasari. Para raja menjadikan Alas Purwo untuk mahas ing ngasepi. Meditasi untuk berefleksi. 


Kerajaan Majapahit sebagai negeri gemah ripah loh jinawi. Jaman keemasan nusantara yang terkenang sepanjang masa. Raja Majapahit, 

Prabu Brawijaya kagungan garwa prameswari, yaitu : Ratu Cempha, Ratu Dorowati dan Ratu Wandansari. 


Ketiga garwa prameswari itu menurunkan raja besar Jawa. Ratu Cempha.

Menurunkan Raja Demak. 

Raden Patah, Pati Unus, Sultan Trenggana, Ratu Cepaka, Pangeran Benawa, Ratu Banuwati, Sultan Agung, Amangkurat. Kelak menurunkan raja Surakarta. 


Trah kusuma rembesing madu. Ratu Dorowati

Menurunkan Raja Pajang. Ratu Pembayun, Kebo Kenanga, Joko Tingkir atau Sultan Hadiwijaya, Benawa, Banuwati, Sultan Agung, Amangkurat. Kerajaan Pajang berpengaruh di daerah Blambangan. 


Adapun Ratu Wandan Kuning atau Wandansari menurunkan raja Mataram.

Bondan Kejawan,

Getas Pendawa,

Ki Ageng Sela, Ki Ageng Enis, Ki Ageng Pemanahan, Panembahan Senapati, Hanyokrowati, Sultan Agung, Amangkurat. Keturunannya menyambung dengan bangsawan Blambangan yang selalu berdarma bakti. 


Raja Mataram, Sinuwun Amangkurat Agung memiliki 3 darah prameswari Prabu Brawijaya. Dalam Babad Ila Ila dijelaskan kejayaan Mataram yang dipimpin Sri Susuhunan Amangkurat Tegalarum th 1645 - 1677. Pernah berkantor di istana Kedhaton Pamase, Lesmana Ajibarang Banyumas.

Bangsawan Jawa memiliki guru spiritual. Bernama Ki Ageng RM Djojo Poernomo. Pada awal abad 20 raja dan sentana Kraton Surakarta banyak yang berguru ke Banyuwangi. 


Raja Mataram mesu budi. Misalnya Paku Buwana X sering ngangsu kawruh. Tanggal 29 Nopember 1931 Ki Ageng RM Djojo Poernomo memberi sesorah kebatinan. Saat itu sedang berdiri paguyuban abdi dalem Karaton Surakarta Hadiningrat. Keutamaan hidup sangat dianjurkan, demi mendapatkan hati yang ayem tentrem. 


Menurut asal usulnya Ki Ageng RM Djojo Poernomo masih keturunan Joko Tingkir atau Sultan Hadiwijaya raja Pajang. Kerajaan Pajang berdiri pada tanggal 24 Juli 1546. Dari jalur ayahnya memang dekat dengan trah Pengging. 


Dari jalur ibunya masih keturunan Sunan Ampel. Putri Sunan Ampel adalah Kanjeng Ratu Panggung, yang menjadi garwa prameswari Raden Patah Jimbun Sirullah Syah Alam Akbar. Dengan begitu Ki Ageng RM Djojo Poernomo jelas mempunyai hubungan darah dengan kerajaan Demak Bintara. 


Raden Ngabehi Ranggawarsita pujangga Kraton Surakarta. Hidup antara tahun 1801 - 1873. Pujangga yang sakti mandraguna, waskitha ngerti sakdurunge winarah. 

Dari sinilah Ki Ageng RM Djojo Poernomo berguru mengenai bermacam macam ilmu pengetahuan. 


Serat Witaradya, Pustaka Raja, Wirid Hidayat Jati, Cemporet dan Kalatidha dibaca oleh Ki Ageng RM Poernomo. Tuntas dan jelas. Semua ajaran pujangga Ranggawarsita dipahami dengan baik. Malah Pujangga Ranggawarsita kerap datang mengajar buat masyarakat Blambangan. 


Ajaran Pujangga Kyai Yasadipura juga menjadi referensi. Serat Rama, Dewaruci, Sasana Sunu, Candrarini, Baratayuda merupakan bahan untuk penggemblengan diri Ki Ageng RM Djojo Poernomo. Tak mengherankan bila memiliki pengetahuan yang luas. Ibarat samudra raya, Ki Ageng RM Djojo Poernomo menjadi tempat bertanya. Unggah ungguhing basa, kasar alusing rasa, jugar genturing tapa. 

Segala ilmu diajarkan dengan terang gamblang. 


Bidang seni budaya pun mendapat perhatian dari Ki Ageng RM Djojo Poernomo. Suatu contoh mengenai ketrampilan joged. Pengajaran beksan guna memperhalus rasa manusia. 


Ulasan tari gambyong diajarkan dari perspektif filosofis dan historis. Tari Gandrung Banyuwangi pertama kali dipentaskan saat Prabu Kertanegara ulang tahun pada tanggal 20 Juli 1289. Kerajaan Singasari mengundang penari dari Banyuwangi. Tentu saja busana yang dikenakan serba lincah, indah, mewah, megah, gagah dan penuh dengan cahaya berkah. 


Tradisi pentas tari gandrung Banyuwangi dilanjutkan oleh Kerajaan Majapahit. Bangsawan Majapahit banyak yang datang ke Banyuwangi untuk belajar menari. Kepercayaan bahwa tari gandrung bisa mendatangkan kemakmuran. 


Perlu diketahui sejarah masa lampau bagi generasi muda. Kerajaan Majapahit berdiri pada tahun 1293. Pelopor sekaligus pendiri bernama Raden Wijaya. Darah biru yang paling berhak atas tahta Majapahit. 


Dengan dibantu oleh Arya Wiraraja dan Adipati Ranggalawe kerajaan Majapahit berkembang pesat. Dalam diri Raden Wijaya mengalir gen agung dari Kraton Medang, Kahuripan, Daha, Jenggala, Kediri dan Singasari. 


Penobatan raja Majapahit selalu menampilkan tari Gandrung Banyuwangi. Raden Wijaya, Jayanegara, Tri Buana Tungga Dewi, Hayamwuruk, Ratu Suhita, Kencana Wungu dan Prabu Brawijaya adalah raja gung binathara, mbahu dhendha Nyakrawati. Tiap tingalan jumenengan pasti mementaskan tari Gandrung. 


Untuk itu mempelajari tari nilai filosofis tari Gandrung, perlu melacak ekologi budaya tanah Banyuwangi. Agar diperoleh pemahaman utuh. Pada hari Jumat Pon, tanggal 21 Juli 2023 tim LOKANTARA berkunjung ke ujung Jawa Timur. Tepatnya di Alas Purwo Banyuwangi. Terkenal sebagai wana gung liwang liwung, gawat kaliwat liwat.


Penelitian tari gandrung dilakukan demi menggali jatidiri. Tim kunjungan di Alas Purwo terdiri dari 4 orang dipimpin oleh Prof Dr KPH Gunawan Sumodiningrat M.Ec. Wayah buyut Sinuwun Paku Buwana X ini merupakan Guru Besar Fakultas Ekonomi UGM. Alumni Minesota Amerika Serikat yang pernah bertugas sebagai pejabat tinggi Bappenas. Juga sekretaris asisten Wakil Presiden dirjen depsos dan sekretaris Dewan Guru Besar. Aktif dalam kegiatan SENAWANGI dan PEPADI yang berpusat di TMII. Kajian atas tari gandrung membawa ketentraman. 


Penari gandrung kerap melakukan tata cara spiritual. Jarak antara kota Banyuwangi dengan Alas Purwo sekitar 80 KM. Naik kendaraan bisa ditempuh kurang lebih 1,5 jam. Sepanjang jalan tampak pesisir Kidul. Bisa dilalui lewat jalur Situbondo menuju Jember. Jumpa dengan pantai Watudodol, pelabuhan Ketapang, pantai Boom, pantai Muncar dan pantai Pancur. Ki Ageng RM Djojo Poernomo memberi pelajaran dengan materi yang dekat alam. 


Gandrung berarti jatuh cinta yang rela legawa lahir batin. Kira kira pukul 14 tiba di Alas Purwo. Baru masuk sudah terasa wibawa alam. Sinuwun Paku Buwana X, raja Kraton Surakarta memerintah tahun 1893 - 1939. Mahas ing ngasepi di Alas Purwo. Lenggah asuku tunggal. Megeng napas mbendung swara. Ana rupa tan den dulu. Ana ganda tan ingambu. Meditasi raja Surakarta terkabul. Wahyu keprabon tumurun. Dalam sejarahnya Sinuwun Paku Buwana X mendapat gelar Sinuwun Ingkang Minulya saha Wicaksana. Tanah Jawa mengalami masa keemasan.


Joged gandrung memang memberi daya tarik. Sukses besar dalam bidang spiritual dilakukan oleh Prof Dr Gunawan Sumodiningrat M.Ec. Segera mangsah semedi ing sanggar pamelengan. Didampingi oleh Ki Ageng Sujarwo, tokoh spiritual Banyuwangi yang bertugas merawat Alas Purwo. Semua juru kunci yang bertugas atas perintah pimpinan. Ki Ageng Sujarwo benar benar tokoh panutan yang disegani.


Lelaku bagi penari gandrung memang sangat penting. Tampak peziarah berduyun duyun. Rombongan dari Singaraja Bali melakukan tata cara semedi. Lengkap dengan ubarampe. Sesaji meliputi kembang melati, dupa, kemenyan, jajan pasar, pisang raja, rokok klobot. Juru kunci berbusana gagrag brahmana.


Kukusing dupa kumelun, ngeningken tyas sang apekik, kawengku sagung jajahan. Juru kunci membaca puja mantra. Terdengar bunyi klinthing. Seolah olah doa diantar menuju kehadirat Tuhan. Makin lama bunyi klinthing makin nyaring.


Lokasi meditasi memang wingit mrebawani. Gapura dibangun layaknya Pura Besakih. Patung Cingkara Bala dan Bala Upata mengawal di depan pintu gerbang. Ganda arum semerbak wangi. Maka penari gandrung mesti memakai minyak wangi. 


Sekar melati berasa harum wangi. Sekitar papan pasemeden dilingkupi ragam hewani. Burung, kera, macan, celeng, klabang, kalajengking, naga, kala sundep. Secara fisik cukup menyeramkan. Tapi pasti jinak oleh kekuatan hati yang bersih.


Alas Purwo Banyuwangi terkenal sekali. Pada bulan Suro orang ramai berdatangan. Siang malam orang sama melaksanakan lelaku. Ing madyaning wana tumurun nugraha. Ilmu iku kelakone kanthi laku. Segala harapan berwujud kenyataan. Pepohonan besar yang rindang selalu teduh dan kukuh. Sentosa dalam mengheningkan cipta. 


Anelasak wana wasa, tumuruning jurang terbis. Lebatnya Alas Purwo bagi ahli lelaku dianggap terang benderang. Tenaga spiritual menipiskan benda material. Tampak Alas Purwo sebagai Kayangan Alang Alang Kumitir.


Samudra Selatan yang dijaga Kanjeng Ratu Kidul bergelombang besar. Ombak berdebur debur. Suara dahsyat terdengar dari tengah Alas Purwo. Konon banyak orang hilang dalam keadaan tak bernyawa di Pantai Pancur samudra Kidul yang berhimpitan dengan Alas Purwo. Kanjeng Ratu Kidul beristana di Kraton Soko Domas Bale Kencono. Terletak di dasar laut. Terbuat dari bahan serba emas. Indah mewah megah gagah. Tiap hari Sabtu Wage berkunjung ke Alas Purwo Banyuwangi untuk enggar enggar penggalih. Disertai dengan wadya bala. Prajurit Ratu pantai selatan disebut Nyi Roro Kidul berbusana ijo lembayung.


Kuda Sembrani adalah titihan resmi Kanjeng Ratu Kidul. Saat berwisata di Alas Purwo berwahana kuda Sembrani lengkap dengan iringan prajurit. Angin sumilir mengiringi Sri Ratu. Orang menyebut sebagai lampor. Pelan pelan angin sumilir ini berubah kayaknya barat lesus. Ini akibat perbawa Kanjeng Ratu Kidul.


Dalam serat Babad Tanah Jawi Kanjeng Ratu Kidul merupakan istri raja Mataram. Banyuwangi Mataram dalam perspektif kultural  adalah loro loroning atunggal. 


B. Tirta Perwita Sari. 


Pagelaran wayang di dukuh Tojo Kidul, Desa Temuguruh, kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi merupakan wewayangane ngaurip. Sarasehan kebudayaan membahas aspek Manunggaling kawula gusti. 


Banyuwangi sumber kawruh sangkan paran. Kedudukan Ki Ageng RM Djojo Poernomo dalam organisasi 

Pirukunan Purwa Ayu Mardi Utama atau PAMU sangat utama. Organisasi penghayat kejawen ini berdiri tanggal 20 Juli 1939. Bertempat di kota Surakarta. Selaku pendiri yakni Mr BPH Sumodiningrat. Alumni Universitas Leiden negeri Belanda. Trah Kraton Surakarta nguri uri budaya Jawi. Alas Purwo sentra aktivitas PAMU yang beranggota dari tiap Kabupaten.


Malamnya dilakukan kegiatan kultural. Malam Sabtu Wage bertempat di dusun Tojo Kidul, desa Temuguruh, kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi. Ketua PAMU dijabat oleh Cokro Wibowo S.Pd, MAP. Priyayi Trenggalek, terang ing galih. Acara ini sungguh penting. Wakil Gubernur Jawa Timur, Dr Emil Dardak berkenan hadir. Kegiatan ini meliputi macapatan, pagelaran wayang dan sarasehan.


Mas Sumari, S.Sn alumni ISI Surakarta merancang dan membantu kelancaran acara PAMU. Tokoh Senawangi dan Pepadi ini jalma limpat seprapat tamat. Orang ramah murah pada sesama. Punya jaringan birokrasi dan seni yang luas. Malah sempat memiliki koneksi pengobatan. Pagi harinya berkunjung ke anggota PAMU yang punya kemampuan penyembuhan. Dengan berbasis spiritual Jawa dan tenaga dalam berbagai penyakit disembuhkan. Tulung marang sesama.


Sarasehan budaya diselenggarakan dengan tema kebangsaan dan kebudayaan. Hadir pula Mas Sri Harjono S.Sos. Alumni pimpinan Jamaah Shalahuddin UGM kini menjadi sponsor acara budaya. Meliputi penerbitan buku, pagelaran seni dan kegiatan sosial. Rejeki yang berlimpah ruah untuk mengasah anggunnya peradaban.


Ekologi budaya masyarakat lingkungan Alas Purwo Banyuwangi memberi energi dan inspirasi. Kerajaan Medang, Kahuripan, Jenggala, Daha, Kediri dan Majapahit menjadikan Alas Purwo sebagai sumbu spiritual. Nak tumanak run tumurun menuntun arah kepribadian dan jatidiri bangsa. Dalam acara budaya ini tari gandrung tampil memikat hati. 


Seni edi peni, budaya adi luhung. Tari gandrung sungguh atraktif. Simbol perempuan mandiri dan berbudi. Kontribusi untuk ibu pertiwi. Jasa Ki Ageng RM Djojo Poernomo dalam pengembangan seni budaya begitu besar.


Dari Direktorat kepercayaan terhadap Tuhan YME dan Masyarakat Adat Kemendikbudristek. Apresiasi khusus diberikan kepada Ki Ageng RM Djojo Poernomo. Maka diselenggarakan sarasehan budaya. Bertepatan pada hari Sabtu Wage, 22 Juli 2023 pukul 12.30 hingga 15.00. Selaku narasumber Prof Dr Gunawan Sumodiningrat M.Ec, Aris Heru Utomo, Sumari dan Purwadi. Tanggapan peserta sangat positif. Terbukti ungkapan dan tepuk tangan bergemuruh.


Oraganisasi pimpinan Cokro Wibowo betul betul berwibawa. Ketua DPRD Banyuwangi pun memberi dukungan penuh. Berarti organisasi sangat berarti bagi pelestarian adat istiadat.


Pada pukul 15-17 dilakukan tabur bunga di Makam Ki Ageng RM Djojo Poernomo. Ziarah ini berada di dusun Tojo Kidul, Desa Temuguruh, kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi. Mendhem jero mikul dhuwur. Ajaran luhur tetap basuki lestari.


Usaha dari Direktorat kepercayaan terhadap Tuhan YME dan Masyarakat Adat Kemendikbudristek sungguh bermakna besar. Matur nuwun sanget. Hubungan Blambangan dengan Mataram terlalu dekat dan erat. Dari Alas Purwo sumilem ing samudra minang kalbu. 


Lakon Dewaruci digelar. Kasepuhan merasakan adanya tontonan tuntunan tatanan. Tirta perwita sari adalah ilmu kasampurnan dari Bumi Banyuwangi. Kawruh sangkan paraning dumadi. 


C. Bumi Banyuwangi untuk Ibu Pertiwi. 


Bung Karno memberi peringatan. Jasmerah, jangan sekali kali meninggalkan sejarah. Bumi Banyuwangi berkontribusi pada ibu pertiwi. 


Diskusi kali ini membahas peran sejarah Banyuwangi dalam lintasan historis. Sejarah masa lampau memang cemerlang. Banyuwangi semerbak harum mewangi ke kanan dan ke kiri. Segala pelosok mengakui. 


Ganda arum bumi Banyuwangi sumusup ing rasa jati, sari rasa jati, sarira sajati. Babad Tanah Blambangan mengukir jiwa kebangsaan. Demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia, generasi muda perlu belajar sejarah. Terutama tentang pelopor jiwa nasionalisme. Misalnya 

Karaton Surakarta Hadiningrat yang berdiri  tahun 1745. Dalam sejarahnya merupakan kelanjutan dari dinasti Kerajaan Majapahit, Demak, Pajang dan Mataram. 


Tradisi luhur yang berkaitan dengan praktek bela negara selalu dijunjung tinggi. Aspek kepemimpinan diajarkan oleh para pujangga. Misalnya Sinuwun Paku Buwana III, Paku Buwana IV dan Paku Buwana V, Paku Buwana VI dan Paku Buwana I, Kyai Yasadipura dan Raden Ngabehi Ranggawarsita.


 Nilai patriotisme ditulis dalam bahasa Jawa dengan bentuk tembang macapat. 

Semangat bela negara dijelaskan oleh Paku Buwana III, dengan karyanya Serat Wiwaha Jarwa. Karya sastra ini merupakan gubahan dari Kakawin Arjuna Wiwaha ciptaan Empu Kanwa jaman raja Airlangga abad 10 Masehi. 


Perjuangan seorang satria utama dipersonifikasikan oleh tokoh Arjuna. Seorang satria sejati harus membela kebenaran dan keadilan. Para dewa mendukung Arjuna untuk membinasakan Prabu Niwata Kawaca raja Negeri Hima Himantaka. Penguasa angkara murka ini bisa dikalahkan oleh Arjuna. 


Kecakapan Arjuna dipersembahkan kepada ibu pertiwi. Watak seorang satria harus membela orang lemah dari segala penindasan. Paku Buwana III berhasil menggambarkan jiwa kebangsaan buat sekalian warga negara. 


Berkaitan dengan hal tersebut, tim seni Kraton Surakarta mementaskan lakon Arjuna Wiwaha. Bertempat di Gedung Kautaman TMII Jakarta pada tanggal 9 Juli 2023. Nilai kebangsaan disajikan dalam bentuk kesenian sandiwara wayang orang. 


Serat Wulangreh ciptaan Sinuwun Paku Buwana IV. Untuk menjaga kualitas pengabdian raja Surakarta yang memerintah tahun 1788-1820 ini memberi  wejangan budi pekerti luhur. Watak manusia paripurna selayaknya menjaga harkat dan martabat. Untuk itu orang diwajibkan berguru atau mencari ilmu pengetahuan. 


Dalam pergaulan orang jangan sampai adigang, adigung, adiguna. Adigang menyombongkan kekuatan fisik. Adigung menyombongkan kekuasaan. Adiguna menyombongkan kepintaran. Ketiga hal tersebut mesti dihindari jauh jauh, agar dirinya mendapat keselamatan. 


Pengajaran nilai luhur serat wulangreh bisa dengan tembang. Lebih bagus lagi bila diiringi seni karawitan jangkep. Bahkan kerap ditampilkan melalui suluk pedalangan. 


Serat Centhini termasuk mahakarya. Terdiri dari 14 jilid. Bisa dikatakan ensiklopedia kebudayaan Jawa. Karya Paku Buwana V sudah diterjemahkan ke semua bahasa asing. Pernah ditampilkan dalam bentuk seni teater, dengan mengambil episode khusus. 


Suri teladan tentang kepahlawan berguna buat pembinaan generasi muda. Cinta tanah air dan bangsa menjadi sarana pendidikan karakter. 


Perjuangan Sultan Hadiwijaya raja Pajang dilukiskan oleh Sinuwun Paku Buwana VI. Lewat Babad Joko Tingkir keteladanan dan kepahlawan digali berdasarkan aspek historis. Penulisan Babad Joko Tingkir selama pembuangan di Ambon tahun 1830 - 1849. Paku Buwana VI ditetapkan oleh pemerintah RI sebagai Pahlawan Nasional. 


Peran Sinuwun Paku Buwana IX tahun 1861 - 1893 tampak dalam pembangunan rel kereta api, pabrik gula dan perkebunan. Tanah Jawa mengalami masa keemasan. 


Masa kejayaan ini dilanjutkan oleh Sinuwun Paku Buwana X. Raja yang kaya raya ini mendapat sebutan Sinuwun Ingkang Minulya Saha Wicaksana. Jasa Paku Buwana X diakui pemerintah RI dengan mengangkat sebagai Pahlawan Nasional tahun 2010. 


Pergerakan nasional Indonesia makin nyata setelah Sinuwun Paku Buwana XI melibatkan diri dalam organisasi Budi Utomo, Muhammadyah, Sarikat Islam dan Taman Siswa. Menjelang kemerdekaan, Paku Buwana XI mengutus pejabat Kraton Surakarta untuk menjadi anggota BPUPKI. Sayang Paku Buwana XI wafat saat sidang BPUPKI pada tanggal 1 Juni 1945. 


Kontribusi Karaton Surakarta terus dipersembahkan untuk NKRI. musium Rekor Indonesia atau MURI memberi penghargaan kepada Paku Buwana XII atas perjuangan dan jasa. Paku Buwana XII pada tanggal 1 September 1945 adalah raja pertama di dunia yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia. 


Raja Jawa mewariskan keutamaan berbangsa dan bernegara. Karaton Surakarta tetap melestarikan seni budaya. Demi ketentraman jagat raya. Seni budaya merupakan sarana untuk memperkokoh jatidiri bangsa. 


Gula Klapa


Gula klapa abang putih sang dwi warna. 

Gula klapa minangka pratandha. 

Sagung warga nusantara. 

Tunggal cipta rasa karsa. 

Adhedhasar Pancasila. 

Murih jayaning negara. 


Nasionalisme berkobar, patriotisme tumbuh. Bela negara bisa dilakukan dengan media kesenian. 

Rum kuncaraning bangsa, dumunung ing luhuring budaya. 

Nilai kepahlawanan raja Jawa penuh suri teladan.


Sarasehan sejarah kebudayaan yang diselenggarakan pada hari Sabtu Wage, 23 Juli 2023 merinci nilai patriotisme. Masyarakat di dukuh Tojo Kidul, desa Temuguruh, kecamatan Sempu Kabupaten Banyuwangi melanjutkan perjuangan bangsa. Babad Tanah Blambangan melestarikan tradisi luhur, buat kokohnya jatidiri nasional. Dari Banyuwangi untuk Indonesia. 


Bumi Banyuwangi sarwa edi peni. Siyang ratri manggih suka basuki lestari. Alas purwo minangka purwaning dumadi. Ayu hayu rahayu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Asal Usul Leluhur Prabowo Subianto

SUGENG RIYADI IDUL FITRI.

Macapat Mahargya Dr Sudarmaji M.Pd.