SEJARAH NABUH GAMELAN.

SEJARAH 

NABUH GAMELAN. 

Oleh Dr Purwadi, M.Hum.

Ketua Lembaga Olah Kajian Nusantara LOKANTARA.

Hp. 087864404347


1. Tata cara Belajar Karawitan. 


Seni karawitan dipelajari oleh Kerajaan Majapahit sejak tahun 1292. Raden Wijaya gemar nabuh gamelan.


Belajar seni karawitan perlu ketekunan. Ketrampilan nabuh gamelan dapat dilakukan dengan belajar dan berlatih. Kebiasaan nabuh gamelan yang diulang-ulang membuat seseorang akan trampil dan cekatan menguasai irama gamelan.


Empu Tantular sastrawan terkenal Majapahit yang menulis kitab Sutasoma. Beliau suka nabuh gendhing ketawang ganda mastuti. Cara nabuhnya begitu tertib. 


Pengenalan masing-masing ricikan gamelan memudahkan dalam proses belajar mengajar. Nabuh gamelan lebih baik bila disertai dengan penguasaan atas masing-masing instrumen. 


Lebih utama lagi bila para pengrawit mengetahui asal-usul, sejarah, peranan dan fungsi gamelan dalam masyarakat Jawa. Oleh karena itu penting untuk memahami pengertian dasar-dasar karawitan. Begitulah kerajaan Majapahit nguri uri budaya Jawi. 

 

Pengertian gamelan bisa ditelusuri dari asal-usul katanya. Kata dasar gamelan yaitu gamel yang berarti pemelihara kuda. Orang yang mendapat tugas memelihara kuda pasti memiliki kecakapan, ketelitian, kerapian, kebersihan dan kesehatan. Boleh dikatakan mereka adalah kaum profesional yang berpengalaman.


Terkait dengan pengertian gamelan, maka referensi seseorang akan mengacu pada sesuatu yang rumit, njlimet, ngrawit dan tentu saja sangat indah. Gamelan mendatangkan bayangan dan kenyataan yang begitu lengkap dan sempurna. Oleh karena itu permainan gamelan yang menghasilkan keindahan bunyi itu lantas disebut dengan seni karawitan.


Gamelan adalah merupakan karya seni adi luhung dalam bidang seni musik. Keberadaan gamelan dapat dilihat pada relief-relief candi Borobudur, Prambanan, Panataran maupun Sukuh. Gamelan memiliki peranan yang sangat penting. Gamelan digunakan sebagai sarana hiburan, komunikasi, adat tata cara dan upacara-upacara ritual. Gamelan untuk iringan tari, wayang kulit, Uyon-uyon atau Klenengan, menggunakan perangkat gamelan gedhe.


Gamelan digunakan untuk upacara penobatan raja, kelahiran putra raja, kematian, penghormatan pada tamu agung, upacara yang berkaitan dengan agama. Untuk keperluan di atas digunakan perangkat gamelan yang disebut dengan gamelan pakurmatan. Fungsi gamelan sebagai sarana mendukung kebesaran raja. Setiap pusat pemerintahan seperti keraton, kadipaten dan kabupaten selalu memiliki perangkat gamelan pakurmatan. 


 Perangkat gamelan pakurmatan meliputi : perangkat gamelan Monggang, perangkat gamelan Kodok Ngorek, perangkat gamelan Sekaten, perangkat gamelan Carabalen. Gamelan Monggang, Kodok Ngorek dimiliki keraton. Dengan demikian kegunaan gamelan dalam masyarakat Jawa terlalu penting. 


Sudah sewajarnya apabila generasi muda turut serta dalam usaha pelestarian gamelan sebagai warisan luhur. Usaha pelaksanaan itu dapat dilakukan dalam bentuk pembelajaran di sekolah dan kampus. Latihan gamelan dapat pula dilakukan melalui kegiatan kesenian yang diselenggarakan oleh sanggar. Adanya sanggar cukup berpartisipasi dalam menyebarkan pengetahuan dan ketrampilan tentang cara nabuh gamelan. Harapannya pada masa depan keberadaan seni kerawitan tetap jaya dan menggembirakan.



2. Pelestarian Seni Karawitan. 


Demak Bintara melanjutkan seni edi peni, budaya adi luhung. Kasultanan demak memang penerus kejayaan Karaton Majapahit. 


Keselarasan dalam seni karawitan dilukiskan dalam bentuk tembang macapat. Ricikan gamelan satu dengan yang lain bekerja sama, bantu membantu, gotong royong, bahu membahu sehingga menghasilkan suara yang indah. Masing-masing instrumen memberi kontribusi yang memadai. Tidak ada yang paling menonjol, tak ada yang paling merasa berjasa. Keberadaan setiap instrumen dianggap sama-sama penting.


Karaton pajang yang berdiri tahun 1546 juga menetri seni karawitan. Pelajaran yang dapat diambil dari permainan nabuh gamelan adalah menjalin kekompakan. Nabuh gamelan diajarkan oleh para empu. 


 Dalam sistem sosial perlu adanya rasa persatuan kesatuan. Anggota masyarakat memiliki hak dan kewajiban. Kemajuan masyarakat tergantung dari partisipasi masing-masing warga. Peran serta dalam kegiatan menentukan keberhasilan sebuah masyarakat. Begitulah ajaran seni karawitan yang amat luhur.


Upacara ritual kenegaraan menyempatkan gamelan sebagai titik sentral. Gamelan sarana mewujudkan keselarasan jagad gumelar dan jagad gumulung. 


3. Paugeran Nabuh Gamelan Karaton. 


Candrane gangsa memuat tata cara nabuh gamelan. Paugeran dipatuhi betul. Tidak boleh nabuh gamelan nyebal dari ketertiban. 


Kerajaan Demak yang berdiri tahun 1478 menggunakan gamelan. Untuk tata cara ritual yang dipimpin oleh wali sanga. 


Kinanthi 

Kang titis panabuhipun

Ririh arampak weradin

Rebabnya nyendari ngangkang

Pamathete dhemes wasis

Ngaleler nges wiletira

Lakune gangsa lestari.


Kendhang teteh anarunthung

Swaranya salin sumalin

Jejeg ajeg wiramanya

Gender gumreneng gumrining

Nyupak aumruwung bumbungnya

Gambang lebak mbanyu mili.


Kempul pindha gemak melung

Dumeling pangliking suling

Tetep panutuping raras

Lir kedhasih ngasih-asih

Gender panerus pinjalan

Amemba tirta naritis.


Saron barang pancer barung

Garempung umyung ngempyung

Cethane lamun priyangga

Cinaruk-caruk kumrincing

Demung dumunung wirama

Mangungkung cengkok ngugeri.


Gong suwukan sru ambaung

Salenthem ulem ngalebi

Bonang geng dadya manggala

Ngracik sarwi nuntun gendhing

Bonang panerus lir imbal

Kumrecek swara nikeli.


Anggrung swaraning panembung

Kang dadya bebahuning gendhing

Kenong golong gegolongan

Gambang gangsa cumarengkling

Kemaruk ngenaki nala

Lir walang angkup ngalebi.


Gong jumeglug mandul-mandul

Dangu dennya ngumbak warih

Kethuk mathuk ing thuthukan

Kecer ngecer mawor gendhing

Ketipung nuntun wirama

Kempyang munya swara mencil.


Pesindhen estri swararum

Cengkok mulat mangulatsih

Ceples larasing pradangga

Senggak sigrak ganti-ganti

Gerong ririh swara rampak

Keplok kinarya ngrameni.


Karaton Demak, Pajang dan Mataram menjadikan gamelan sebagai penyerta ritual kenegaraan. Tata cara nabuh gamelan sesuai dengan paugeran. 



Srepeg

Saron imbal ganti-ganti kendange ngaplak

Nuntun wirama jejek ajek wiramane 

Bonang nglunyu amantesi

Kenong titis tuduh margi

Kempule ngungkung umyung

Yekti tan amboseni.


Demung dumunung wirama

Slentheme marem nem ngelebi

Gambang mblebek mbanyu mili

Rebab ngangkang angresepi

Gender gumarenggeng gumrining

Geronge rampak sigrak

Yekti amimbuhi.


Jaman pemerintahan Sinuwun Prabu Hadi Hanyakrawati tahun 1601-1613 gamelan kopen kajen. Seni karawitan arum kuncara saindhenging nuswantara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Asal Usul Leluhur Prabowo Subianto

SUGENG RIYADI IDUL FITRI.

Adipati Dayaningrat Pengging Sepuh