BABAD BUMI PENGGING

BABAD BUMI PENGGING




Oleh:  Dr. Purwadi, M.Hum. 

Ketua Lembaga Olah KajianNusantara -LOKANTARA 

HP 087864404347 


A. Pepundhen Tanah Jawa. 


Kesadaran historis amat dihayati oleh Pengageng, sentana dan abdi dalem Karaton Surakarta Hadiningrat. Pada hari Minggu Legi, 6 Maret 2022 dilakukan tata nyadran. Tempatnya di desa Gatak Malangan Banyudono Boyolali, Jawa Tengah. Orang lebih mengenal kawasan Bumi Pengging. 


Kerabat Karaton Surakarta tiap bulan ruwah pasti sowan ke Pajimatan Pengging. Bermula dari Siti pepundhen Sri Makurung Handayaningrat atau Adipati Pengging Sepuh. Beliau menikah dengan Gusti Kanjeng Ratu Pembayun, putri Sinuwun Prabu Brawijaya V, raja Majapahit. Orang mulia ini menurunkan Trah Mataram. 


Lantas diteruskan ke makam KRT Padmanagara, Bupati Pekalongan. Beliau turut mengabdi jaman Sinuwun Paku Buwana II, raja Mataram tahun 1726-1749. KRT Padmanagara adalah leluhur GKR Dra Wandansari Koes Moertiyah M.Pd, Pengageng Sasana Wilapa dan Ketua Lembaga Dewan Adat. 


Pujangga Yasadipura misuwur sebagai sastrawan terkemuka. Siang malam orang berdatangan. Seniman budayawan mendapat inspirasi. Demi mengembangkan seni edi peni, budaya adi luhung. 


Inilah kawasan Pengging. Mata Air bening nan abadi. Sumber mata air yang mengalir sepanjang masa terdapat di kawasan Pengging. Sudah ada sejak jaman kerajaan Pengging. Sebagai sarana pengairan yang membawa kemakmuran. 


Negeri Pengging menjadi pusat pertemuan geneologi para raja Jawa. Prabu Kusumawicitra nata ing Pengging, garwanipun kalih: Dewi Soma putranipun Prabu Jayakusuma ing Matahun, kaliyan Dewi Daruni putranipun Ajar Kapyara ing Banyuwangi. Prabu Kusumawicitra apeputra 5, urut sepuh kados ing ngandhap punika: Saking ibu Dewi Soma: Prabu Citrasoma ing Pengging  lan  Raden Citrasena ing Banten. Saking ibu Dewi Daruni: Raden Citrakusuma ing Blambangan. Ibu Dewi Soma: Dewi Citrawati, krama angsal Raden Welakusuma, putranipun Raden Jaya Amisena ing Pengging. Saking ibu Endhang Bangi: Raden Upacitra




Prabu Citrasoma nata ing Nagari Pengging, anggarwa Dewi Sriati putranipun Resi Sidikwacana ing wukir Merbabu, garwa 2 peputra 4: Raden Pancadnyana krama angsal Dewi Lasmita, lajeng dados raja pandhita nama Resi Pancadnyana. Prabu Pancadriya ing Pengging. Dewi Pancawati, krama angsal Raden Sukarsa, Patih ing Pengging. Raden Selandana.


Prabu Pancadriya nata ing nagari Pengging, anggarwa Dewi Gandawati putranipun Prabu Jaya Amisena ing Mamenang, garwa 2 apeputra 4: Raden Prawa, ngalih nama Arya Akandriya, dados Raja Pandhita wonten ing Madya panjang nama Resi Dewabrata. Raden Saputra, anggentosi ingkang rama nama Prabu Anglingdriya ing Pengging ajejuluk Prabu Dewa Kusuma inggih Prabu Dewanata. Raden Sucitra nama Arya Darmandriya ing Salembi, ugi nama Prabu Darmakusuma ajejuluk Prabu Dipanata. Raden Suwarna nama Arya Sumandriya ing Sudimara lajeng nama Prabu Mandrakusuma, ajejuluk Prabu Hendranata.


Prabu Anglingdriya jejuluk Prabu Dewakusuma, inggih prabu Dewanata ing nagari Pengging, garwa sepuh nama Dewi Soma putranipun Resi Pancadnyana, garwa enem nama Dewi Sinta putranipun Resi Wrahaspati ing wukir Wangkring, peputra kados ing ngandhap punika: Dewi Rarasati, krama angsal raden Damarmaya, putra ing Salembi. Prabu Suwelacala, ingkang jumeneng nata ing nagari Medang Kamulan. Prabu Pandayanata, anggentosi ingkang rama jumeneng nata wonten ing nagari Pengging.


Tanah Pengging tepatnya di kaki Gunung Merapi dan Merbabu. Sejak dulu kala kawasan ini termasuk gudangnya kreator peradaban. Bagi pembaca novel Nagasasra Sabuk Inten karya SH Mintardja, terdapat nama Pengging, salah satu kecamatan Boyolali. Boyolali daerah Pengging lebih populer karena di sinilah Mas Karebet, Joko Tingkir atau Sultan Hadiwijaya dilahirkan.


Kadipaten Pengging menjadi sentral kebudayaan, yang menjadi penerus kebesaran Kerajaan Majapahit dan Kesultanan Demak Bintara. Adipati Handayaningrat atau Ki Ageng Pengging sepuh adalah menantu Sinuwun Prabu Brawijaya, garwanya bergelar Kanjeng Ratu Pembayun yang melahirkan Ki Kebo Kanigara dan Ki Kebo Kenanga. Kelak Ki Kebo Kanigara menjadi pertapa di lereng gunung Merbabu, sedang Ki Kebo Kenanga menjadi murid Syekh Siti Jenar, seorang wali yang sakti mandraguna. Komunitas peguron ini yang mempelopori ilmu manung-galing kawula gusti. Kalangan Kejawen menyebut dengan istilah ngelmu kasampurnan, ngelmu kasepuhan, kawruh begja, wikan sangkan paran, sangkan paraning dumadi, urip sejati dan satataning panembah.


Wulang wuruk Kejawen berkembang dari kawasan Pengging kemudian menyebar ke seluruh pelosok tanah Jawa, mulai dari perkotaan, pedesaan, dan pegunungan. Setelah Syekh Siti Jenar muksa, para muridnya mengembangkan paham Kejawen. Mereka adalah Ki Ageng Banyubiru, Ki Ageng Sela, Ki Ageng Butuh, Ki Ageng Karanglo, Ki Ageng Pring Apus, Ki Ageng Penjawi, Ki Ageng |Pemanahan, Ki Ageng Enis dan Ki Ageng Pandhanarang. Para guru suci Tanah Jawa ini sudah putus ing reh sanis-kara, kebak ngelmu sipating kawruh.


Setelah Ki Ageng Pengging wafat, putranya yang bernama Mas Karebet kemudian diasuh Nyi Ageng Tingkir. Maka nantinya Mas Karebet disebut juga Joko Tingkir. Para alumni padepokan Syekh Siti Jenar mengetahui bahwa wahyu keprabon menitis pada diri Joko Tingkir. Maka semua guru tersebut sama mengasuh dan mendidik Joko Tingkir sebagai layaknya putra seorang raja. Dimaklumi bersama bahwa Joko Tingkir sungguh trahing kusuma rembesing madu, keturunan langsung Prabu Brawijaya raja Majapahit.


Hasil didikan para dwija sejati ini cukup mengagumkan. Joko Tingkir tumbuh menjadi pribadi yang mumpuni kualitas intelektual, sosial, mental, moral dan spiritual. Kanjeng Sultan Trenggono yang bertahta di Kasultanan Demak Bintara menjodohkan Joko Tingkir dengan Kanjeng Ratu Hemas Kambang. Pada periode selanjutnya Joko Tingkir diwisuda menjadi raja di Kasultanan Pajang Hadiningrat dengan gelar Sultan Hadiwijaya Amirul Mukminin Syah Alam Akbar. Kita petik tembang Pangkur yang berasal dari cerita Babad Tanah Jawi, sebagai gambaran masa silam.


Pangkur


Nimas Ratu Kalinyamat


Tilar wisma amartapa neng wukir


Tapa wuda sinjang rambut


Ing Gunung Danaraja


Apratignya tan arsa tapihan ingsun


Yen tan antuk adiling Hyang


Patine sedulur mami


Bait tembang di atas melukiskan tekad Kanjeng Ratu Kalinyamat yang kehilangan suami, Pangeran Hadirin. Sebelumnya juga sudah meninggal kakak tercinta Sunan Prawoto. Pembunuhnya Arya Penangsang, Adipati Jipang Panolan. Krisis politik di Demak bisa diatasi oleh Sultan Hadiwijaya. Jasanya yang besar itulah sebagai legitimasi beliau berkuasa di Kraton Pajang. 


Sedemikian penting tempat Pengging, maka tak mengherankan bila daerah ini menjadi jujugan para peziarah. Mereka hendak melacak suri teladan yang pantas dilestarikan.




Pelaku seni budaya Jawa hampir dipastikan akrab dengan kutipan tembang ini. Cuma jarang sekali yang mau menelusuri asal-usulnya. Tak mengira bahwa tembang ini lahir dari buah pikiran pujangga Pengging, Kyai Yasadipura atau Kanjeng Raden Tumenggung Sastranagara. Beliau adalah pujangga besar Kraton Surakarta Hadiningrat, seorang pujangga arif bijaksana, wicaksana ngerti sadurunge winarah, yang menjadi sumber ilmu di Tanah Jawa. 


Kinanthi


Nalikanira ing dalu


Wong agung mangsah semedi


Sirep kang bala wanara


Sedaya wus sami guling


Nadyan ari sudarsana


Wus dangu nggenira guling


Kukusing dupa kumelun


Ngeningken tyas sang apekik


Kawengku sagung jajahan


Nanging sanget angikibi


Sang Resi Kaneka Putra


Kang anjog saking wiyati.


Syair indah tembang Kinanthi di atas merupakan kutipan dari Serat Rama karya Yasadipura. Kitab ini dipuji oleh empu Jawa Kuno, Prof. Dr. Poerbatjaraka sebagai karya sastra yang dapat digunakan untuk membangun budi pekerti luhur.


Dhandhanggula


Dhedhep sidhem prabawaning ratri


Sasadara wus manjer kawuryan


Tan kuciwa memanise


Menggep sri nateng dalu


Sinewaka sanggya pra dasih


Aglar neng cakrawala


Winulat ngelangut


Prandene kabeh kebekan


Saking kehing taranggana kang sumiwi


Warata tanpa sela.


Adegan pathet sanga sebagai wahana maca mobah mosiking kahanan, kutipan tembang dhandhanggula terasa cocok benar. Hening, sunyi, sepi namun berarti. Senyap dan diam karena wibawa malam. Betul-betul hidup cara Kyai Yasadipura melukiskan keadaan. Layak sekali bila waranggana, wiyaga melantunkan lagu itu.


Belum lagi lakon wayang yang dilukiskan Yasadipura. Serial Bratayuda, Ramayana, Dewaruci dan Bimasuci adalah buah tangan sang Pujangga. Nama harum beliau dikenang sepanjang masa. Berbahagialah orang Jawa mempunyai leluhur Kyai Yasadipura. Darah kapujanggan mengalir deras pada anak keturunannya.


Dhalang terkemuka bernama Ki Panjang Mas adalah keturunan Yasadipura. Keluarga Panjang Mas menurunkan dhalang berbobot yang menyebar di seluruh kawasan Surakarta. Tak ketinggalan pula adalah Raden Ngabehi Ranggawarsita. Beliau adalah cucu Yasadipura. Darah seni leluhur Pengging ini menjadi inspirasi bagi orang Jawa. Setiap bulan Suro penggiat kejawen siram jamas di Umbul Pengging sekalian nyekar di Pesarean Yasadipuran.


B. Tepa Palupi Leluhur Jawi. 


Keteladanan tokoh sakti mandraguna yang berhubungan dengan Pengging. Mereka tercatat sebagai pelaku historis dengan tinta emas. 


1. Adipati Handayaningrat


Pendiri Kadipaten Pengging adalah Adipati Handayaningrat atau Sri Makurung, menantu Prabu Brawijaya. Adipati Handayaningrat disebut juga dengan nama Ki Ageng Pengging Sepuh.


2. Kanjeng Ratu Pembayun


Putri sulung Prabu Brawijaya yang menikah dengan Adipati Handayaningrat. Makamnya di Kawasan Pengging.


3. Kebo Kenaga


Tokoh spiritual yang menyebarkan paham Islam kejawen. Anaknya bernama Joko Tingkir atau Sultan Hadiwijaya.


4. Kebo Kanigoro


Guru kejawen yang mengajarkan ilmu kasampurnan. Dia anak Handayaningrat. Selamanya wadat atau tak menikah.


5. Lembu Amiluhur


Pengajar ilmu sangkan paraning dumadi. Berkeliling di tanah Jawa untuk menjaga keselamatan dunia.


6. Joko Tingkir


Putra Kebo Kenanga dan menantu Sultan Trenggana Demak Bintoro. Menjadi raja Pajang dengan didukung oleh para guru sakti mandraguna.


7. Ratu Mas Cempaka


Permaisuri Sultan Pajang yang berasal dari Kasultanan Demak Bintoro. Terkenal sebagai perintis batik motif Sidomukti.


8. Tumenggung Padmonagoro


Bupati Pekalongan yang menjadi leluhur Sinuwun Paku Buwono XIII, KRT Padmonagoro pelopor industri batik. Putra bupati Padmonagoro yakni Kyai Yasadipura yang menjadi pujangga kraton Surakarta Hadiningrat.


9. Kyai Yasadipura


Pujangga kraton yang sakti mandraguna. Banyak menulis sastra piwulang. Misalnya cerita Dewaruci


10. Ratu Laksmintorukmi


Istri Sinuwun Paku Buwono X yang paling muda. Beliau mengasuh anak-anak Presiden Soekarno. Misal Guntur, Megawati, Rahmawati, Sukmawati dan Guruh Soekarnoputra. Makam Ratu Laksmintorukmi terletak di sebelah makam Kyai Yasadipura.


11. Syekh Siti Jenar


Guru kejawen yang mengajarkan kawruh manunggaling kawula Gusti. Pengikutnya dikenal dengan sebutan Aboge (Abangan Rebo Wage). 


12. Ki Ageng Tarub


Leluhur Mataram yang menjadi suami Dewi Nawangwulan. Beliau turut membuat peguron Pengging.


13. Ki Ageng Sela


Guru sakti mandraguna yang dapat menangkap petir. Menjadi pelindung petani Jawa. Kerap mengajar di peguron Pengging untuk menjaga kesuburan.  


14. Ki Ageng Banyubiru


Guru Joko Tingkir yang membekali ilmu tata praja. Berkat didikan Ki Ageng Banyubiru Joko Tingkir dapat menurunkan para raja Jawa.


15. Ki Ageng Pemanahan


Tokoh pendiri Mataram yang cerdik cendekia cerdas. Mampu mengatur strategi kerajaan Pajang dan Mataram sehingga agung anggun basuki lestari.


C. Tuk Wening Perenging Merbabu Merapi. 


Pasiraman kagem nenuwun menggahing tiyang Jawi. Mligi sanak kadang ingkang ngleluri tradisi. Jinising umbul ingkang kagem lelaku. 


1. Umbul Raja atau Umbul Ngabean 


Umbul Raja disebut juga Umbul Ngabean. Tempat pemandian para raja, dewa dan keluarga. Air yang mengalir menyebabkan seseorang kuat derajat, lancar naik pangkat dan mendapat semat. Derajat pangkat semat atau kedudukan, kehormatan dan kekayaan seseorang akan berlimpah ruah. 




2. Umbul Manten. 


Disarankan pada pasangan manten, agar mau siram jamas. Dengan harapan anak keturunan trah tumerah akan mendapat kewibawaan. Pasangan yang mau lelaku di umbul manten akan menambah stamina, tenaga dan gairah. Tentu saja terjaga rumah tangga yang harmonis. Khasiat air Umbul Manten lebih dahsyat dari pada obat kuat.  Untuk pembukti-an barangkali lebih baik untuk dicoba.


3. Umbul Dhudha


Digunakan untuk ritual seseorang yang ingin memiliki pasangan. Dinamakan Dhudha karena mudah mendatangkan rasa belas kasihan. Dhudha tidak pernah dicurigai, tak pernah dicemburui dan tidak pernah dipandang sinis. Di mana saja seorang dhudha mendapat perhatian dari saudara dan rekan. Dhudha dekat dengan suasana kasih sayang.  


4. Umbul Rara


Umbul Rara digunakan untuk panuwunan orang yang memiliki hajat, cita-cita dan kedudukan sosial. Orang melakukan ritual di Umbul Rara rata-rata pada waktu malam hari. Mereka melakukan siram jamas di tengah malam saat suasana eneng, ening. Tujuannya supaya segala harapan segera terkabul. Ritual di Umbul Rara ini sudah berlangsung sejak jaman kerajaan Majapahit.


Eyang KRT Soeronegoro dari ke 2 istrinya tidak punya putra. Jadi budhe Is seperti putrinya sendiri. Ayahanda budhe Is adalah RMNg Sartono Prawirosoemo, kakak budhe Is adalah RM Sutoyo. 


Makam keluarga di Ngambuh Boyolali 


1. R.Ng. Wongsodimejo (ibu eyang kanjeng)


2. R.Ng. Soeronegoro II (istri ke-2 eyang kanjeng Suronegoro, ibunda bude Is)


3. KRT Soeronegoro


4. R.Ng. Soeronegoro I


5. R.Ng. Ronosumarto


6. R. Demang Joyosuhardjo


Wiranem prayogi sinau lampahing sejarah. Ing pangangkah babad para leluhur saged kawaos. Tumuli sami lajeng mangertos. Sedaya panjangkah kebak ing pangatos atos. Bebrayan mujudaken tentrem lahir batos ingkang saestu. 


D. Reriptan Pujangga Pengging. 


Munculnya sastra piwulang selalu diciptakan oleh pujangga Pengging. 

Pencerahan dari kawasan Kapujanggan pernah melahirkan sastra piwulang berbobot tinggi. Umbul Pengging dengan mata air bening berguna untuk melakukan asketisme spiritual. Mesu budi yang berhubungan dengan olah ketajaman batin. 




Sastra piwulang diciptakan oleh pujangga Karaton Pajang Mataram dan Surakarta. Olah reriptan ini dikerjakan di lingkungan Umbul Pengging. Rerepen melukiskan keindahan sumber mata air dengan irama merdu. 


Gumrojog banyu bening. Tuking gunung Umbul Cakra Pengging. Mili ngetan tumuju kali Larangan. Kartasura Surakarta. Sakbanjure mili neng Bengawan Gedhe. 


Umbul Pengging merupakan mata air Bengawan Solo. Kimplah kimplah banyune alambah lambah. Mencep kutah angileni sawah sawah. Kemakmuran terjadi di setiap sudut negeri. 


Tata cara maos serat kekidungan merupakan bentuk laku puji pangastuti. Kawasan kapujanggan Pengging diyakini sebagai sarana untuk memperoleh suasana damai sejahtera. Sembah kalbu yen lumintu dadi laku. Manggih hayu ayem tentrem kang tinemu. 


Laku nenuwun yang bernuansa adat tradisional didukung penuh oleh Raden Ayu Herniati. Pembacaan kidung rumeksa ing wengi dilakukan di Umbul  Pengging. Kegiatan ini berlangsung pada hari Senin, 5 Juli 2021 jam 21. Letaknya dekat pendopo Kapujanggan. Wewarah itu dijadikan pandam pandom panduming dumadi. 


 Ilmu iku kelakone kanthi laku. Lekase lawan kas. Tegese kas nyantosani. Setya budya pangekesing dur angkara. 


Kidung piwulang Jawa bernuansa spiritual magis. Perlu kita kutipkan syair kidung reriptan para wali di Tanah Jawi. Agar kehidupan ini makin aman damai. Jauh dari segala macam mara bahaya. Dunia diharapkan ayem tentrem lahir batin. 


Ana kidung rumeksa ing wengi, 


Teguh hayu luputa ing lara, 


Luputa ing bilahi kabeh, 


Jim setan datan purun, 


Paneluhan tan ana wani, 


Miwah panggawe ala, 


Gunane wong luput, 


Geni atemahan tirta, 


Maling Adoh tan ana ngarah mring mami, 


Guna duduk pan sirna. 


Kelancaran kegiatan kultural ini atas inisiatif pelaku budaya tradisi. Acara adat ini mendapat perhatian dari Raden Ayu Herniati. Dengan segenap kesungguhan hati tata cara spiritual ini diikuti dari awal sampai akhir. Cita cita luhur terkabul. Jumbuh ingkang ginayuh, sembada ingkang sinedya. 


Malam Selasa Pon itu terasa terang benderang. Langit biru, cuaca cerah. Air gemericik. Lima pembaca serat kekidungan segera mandi jamas di umbul Pengging. Airnya jernih mengalir sepanjang masa. Dari jauh Raden Ayu Herniati turut pula atur puji pangastuti. Berdoa agar jagad gumelar dan jagad gumulung berjalan sesuai dengan tata laksana kudrat keutamaan. 


Banyak orang yang melakukan kegiatan ritual. Berbagai cara dilakukan untuk meraih gagasan mulia. Raden Ayu Herniati mendukung tata cara yang bersumber dari butir butir kearifan lokal. Sastra piwulang karya Kyai Yasadipura menjadi pegangan hidup. 


Tiap hari tata cara lelaku ini berlangsung di Umbul Pengging. Wajar sekali sejak dulu wilayah Pengging ditempati tokoh sejarah ternama. Ambil contoh Joko Tingkir, Adipati Handayaningrat, Kebo Kenongo dan Kyai Yasadipura. Mereka pernah berjasa dalam menganyam anggunnya peradaban. Pajang dan Mataram berhubungan dengan tlatah Pengging. 


Serat Dewaruci mengajarkan kesadaran teologis. Manunggaling kawula Gusti dan kawruh sangkan paran. Hakikat kehidupan sejati. Serat Rama memberi wedharan tata laksana sambang sambung srawung. Reriptan Pujangga Yasadipura ini bersumber dari kawasan Umbul Pengging. Mata air kejernihan. 


Penelusuran gagasan besar yang dilakukan oleh Raden Ayu Herniati berhubungan dengan semangat sejarah perjuangan bangsa. Jasa perintis kemerdekaan menjadi inspirasi untuk pengabdian. Misalnya nilai kejuangan yang diteladankan oleh para pendahulu. Generasi sekarang perlu ngungak jaman kawuri. 


Bisa ditengok rintisan berdirinya wilayah otonom. Ambil contoh berdirinya Propinsi Jawa Tengah yang lahir pada tanggal 15 Juli 1905. Pendirinya adalah KRMA Sosrodiningrat, Patih Karaton Surakarta Hadiningrat. Terdiri dari lima wilayah. Yakni wilayah Semarang, Pati, Pekalongan, Banyumas dan Kedu. Jasmerah, jangan sekali kali meninggalkan sejarah. Biar mendapatkan wisdom dalam mengayunkan tiap langkah. 


Oleh karena itu, Raden Ayu Herniati berusaha untuk menerapkan kesadaran masa kini dengan berpijak pada masa lalu. Berdirinya wilayah ini atas inisiatif Raden Panji Soeroso yang merupakan eyang buyut Raden Ayu Herniati. Usulan pembentukan Propinsi Jawa Tengah disetujui oleh Ketua Dewan Kraton yang dijabat oleh KGPH Hangabehi. Putra sulung Sinuwun Paku Buwana X ini aktif dalam pergerakan nasional. Pernah didaulat sebagai ketua dewan pertimbangan Budi Utomo, Syarikat Islam, perguruan Muhammadyah, perguruan Taman Siswa. Ing ngarsa sung tuladha. Ing madya mangun karsa. Tut wuri handayani. 


Pengging memiliki daya pikat historis. Ini juga terjadi dalam perjalanan trah Mataram. Kelak KGPH Hangabehi yang aktif dalam organisasi dinobatkan sebagai raja Karaton Surakarta Hadiningrat. KGPH Hangabehi lantas bergelar Sinuwun Paku Buwana XI. Memerintah tahun 1939-1945. Pada bulan 23 Mei 1945 Sinuwun Paku Buwana XI mengutus Dr Radjiman Wedyodiningrat, KGPH Suryo Hamijoyo, RMTA Sosrodiningrat, RMTA Wuryaningrat sebagai anggota BPUPKI atau Badan Penyelidik Usaha Kemerdekaan Indonesia. Perjuangan tulus ini dapat digunakan sebagai pembinaan karakter. 


Bibit kawit dan nilai sejarah dihayati oleh Raden Ayu Herniati. Dengan demikian kelahiran Propinsi Jawa Tengah atas perjuangan kerabat Karaton Surakarta Hadiningrat. Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghormati jasa pahlawan. Pikiran tenaga dan waktu dipersembahkan buat ibu pertiwi. Kepentingan umum diletakkan di atas kepentingan pribadi atau golongan. Rame ing gawe, sepi ing pamrih. 


Wanodya ayu ngambar aruming kusuma. Raden Ayu Herniati mewarisi nilai keluhuran. Karakter seseorang merupakan kelanjutan dari jiwa agung para leluhur. Bibit terkait dengan asal usul. Bebet berhubungan penampilan ragawi. Bobot berhubungan dengan kepribadian.


Bakti tiada henti. Gubernur Jawa Tengah pertama dijabat oleh keturunan Karaton Surakarta Hadiningrat. Yakni Raden Pandji Soeroso. Silsilah Raden Ayu Herniati berhubungan langsung dengan Trah Kanjeng Sinuwun Paku Buwono VIII, raja Karaton Surakarta Hadiningrat tahun 1858-1861. Sinuwun Paku Buwono VIII adalah narendra gung binathara mbahu dhendha nyakrawati, ambeg adil para marta, ber budi bawa laksana, memayu hayuning bawana.


Sinar keagungan terpancar dari wajah Raden Ayu Herniati, wayah buyut Raden Pandji Soeroso. Beliau masih trahing kusuma rembesing madu, wijining atapa tedhaking andana warih. Artinya darah pejuang yang menaburkan ganda arum wangi ke segala penjuru.


Langkah Raden Ayu Herniati berkaca pada sejarah. Ingkang eyang buyut bernama Raden Pandji Soeroso. Tokoh perjuang kemerdekaan ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah pertama sejak tahun 1945. Setelah tahun 1949 beliau pernah juga jabatan sebagai Menteri Dalam Negeri, Menteri Sosial dan Menteri Pekerjaan Umum.


Pada tahun 1959 Raden Pandji Soeroso,  Eyang buyut Raden Ayu Herniatie ini mendapat gelar kehormatan. Yakni sebutan sebagai Bapak Koperasi Pegawai Negeri Republik Indonesia. Berkat jasa jasanya ini Pemerintah 8dengan SK Presiden No 022/TK/tahun 1986 menetapkan Raden Pandji Soeroso sebagai Pahlawan Nasional. Ketetapan ini berlaku sejak tanggal 23 Oktober 1986. Sebagai pewaris trah, Raden Ayu Herniati meneruskan cita cita yang penuh budi. 




Keteladanan Ingkang Eyang buyut Raden Pandji Soeroso yang lahir pada tanggal 3 Nopember 1893 menjadi inspirasi bagi Raden Ayu Herniati. Ulat patrap lan pangucap yang diwariskan Eyang buyut Raden Pandji Soeroso merupakan keutamaan Raden Ayu Herniati berdarma bakti buat Ibu Pertiwi.


Bibit unggul ini yang diwarisi Trah Raden Pandji Soeroso yang memiliki jiwa keluhuran, keagungan, kebangsaan, kemanusiaan dan kerakyatan. Lila lan legawa kanggo mulyane negara.


E. Leluhur Tanah Jawa. 


Ajaran filsafat Jawa terdapat dalam ungkapan bermutu. Memayu hayuning bawana adalah sesanti yang mulia. 

Kepemimpinan Jawa ditandai dengan ungkapan ber budi bawa laksana, memayu hayuning bawana. Adanya hak dan kewajiban yang selaras serasi dan seimbang. 


Unsur kepemimpinan yang berbasis kearifan lokal itu diterapkan oleh Raden Pandji Soeroso, Eyang buyut Raden Ayu Herniati. Prinsip prinsip menejemen tradisional ini relevan pada era global millenial. Wulan wuruk muna muni yang mengandung local wisdom. Pitutur yang diberikan oleh Pujangga Pengging. 


Pembacaan kidung rumeksa ing wengi bertujuan untuk memperoleh keselamatan. Bagi Raden Ayu Herniati lelaku ini penting. Terutama tertuju untuk para leluhur yang telah memberi keteladanan. Kawruh kautaman dadi sangune urip. 


Patuladan kang prayogi. Inspirasi besar bagi Raden Ayu Herniati dapat diambil dari Raden Pandji Soeroso. Jasa Raden Pandji Soeroso dalam membentuk Propinsi Jawa Tengah amat besar. Para generasi berikut punya kewajiban meneruskan perjuangan luhur. Labuh labet marang praja. 


Kemuliaan bebrayan dan brayat terus berlanjut. Misalnya Raden Ayu Herniati yang memiliki kepedulian sosial tinggi. Wayah buyut RP Soeroso ini mengalir darah perjuangan yang bagus. Pertemuan dengan Raden Ayu Herniati terjadi pada tahun 2018. Saat tata cara larapan langse jamasan pusaka di Pajimatan Sinuwun Amangkurat Agung. Tata cara yang berlangsung turun tumurun. 


Manunggaling Kawula gusti merupakan praktek rasa nasionalisme. Hadir lengkap para pangageng Karaton Surakarta Hadiningrat. Yaitu GKR Galuh Kencono, GKR Sekar Kencono, GKR Retno Dumilah, GKR Wandansari, GKR Ayu Koes Indriyah. Terlihat wajah Raden Ayu Herniati berseri seri. Tampil dengan ngadi busana ngadi sarira. 


Tepa palupi banget wigati. Pasuryan Raden Ayu Herniati sebagai trah RP Soeroso selalu memancarkan cahaya kebiru biruan. Tanda bahwa beliau masih berhubungan dengan raja Mataram, Sinuwun Amangkurat Agung. Dhedhep tidhem premanem, suasana hening penuh dengan kewibawaan.


Wajar sekali pertemuan spiritual yang terjadi di desa Adiwerna Pakuncen Tegal itu berlanjut dengan kawidadan. Artinya keluarga RP Soeroso senantiasa mendapat rasa ayom ayem dari leluhur yang sudah suwargi. Putra wayah bertekad melanjutkan gagasan yang agung anggun. 


Kabagyan hidup berupa wirya arta winasis. Wirya itu status sosial yang terpandang. Arta itu harta kekayaan yang mbayu mili berlimpah ruah. Winasis itu kecerdasan kultural dan intelektual. Raden Pandji Soeroso terbiasa momong momor momot, akomodatif persuasif komunikatif.


Kamulyan telah disandang, kejayaan sudah disanding. Raden Ayu Herniati selaku anggota trah RP Soeroso yang betul betul mengalir buat bumi sakalir. Kehidupan yang ber bandha ber bandhu ber budi. Keselarasan hidup yang dijalani oleh Raden Ayu Herniati merupakan anugerah lahir batin awal akhir.


Puji pinuji mugi sami basuki lestari. Raden Ayu Herniati ginanjar rahayu widada suka gembira. Drajat pangkat semat dihayati oleh RP Soeroso. Wanita berarti wani mranata. Tapa tapak telapak, sungguh surga berada di bawah telapak kaki seorang wanita.


Para sesepuh memberi wejangan. Siji garising pati, loro temuning jodho, telu Tumuruning wahyu, papat mundhaking pangkat, lima tumibane nugraha.


Konsep drajat pangkat semat, kedudukan keluhuran kekayaan berpihak pada Raden Ayu Herniati. Putra wayah mewarisi ajaran guna kaya purun. Gubernur Jawa Tengah pertama sudah memberi contoh keutamaan.


RP Soeroso mendidik keluarga dengan semangat kebangsaan. Dengan budi pekerti luhur, Raden Ayu Herniati berbagi pada sesama, disertai sikap welas asih. Dengan kecerdasan intelektual kultural, Raden Ayu Herniati membuat anggun semesta, disertai sregep sinau. Ilmu iku kelakone kanthi laku. Tanda adanya usaha dalam meraih prestasi gemilang. 


Mendhem jero mikul dhuwur. Dengan mengingat sarasilah keluarga, Raden Ayu Herniati sebagai warga trah RP Soeroso menyumbang buat kejayaan bangsa dan negara.




Kepemimpinan Raden Pandji Soeroso dikenang sepanjang jaman. Adapun para Gubernur Jawa Tengah selalu berjasa pada masyarakat. Secara berurutan telah dicatat dengan tinta emas. Bagi Raden Ayu Herniati ini perlu diperhatikan dengan sungguh sungguh. 


1. Raden Pandji Soeroso memimpin sejak tanggal 5 September 1945- 13 Oktober 1945.


2. KRT Mr Wongsonagoro memimpin tanggal 13 Oktober 1945- 4 Agustus 1949.


4. R Boedjono 1949-1954.


5. RMTP Mangun Nagoro 1954-1958.


6. R Soekardji Mangun Kusumo 1958-1960.


7. Mochtar 1960-1966.


8. H Munadi 1966-1974.


9. H Soepardjo Rustam 1974-1983.


10. H Ismail 1983-1993.


11. H Soewardi 1993-1998.


12. H Mardiyanto 1998-2007.


13. H Ali Muhfid 2007-2008.


14. H Bibit Waluyo 2008-2013.


15. H Ganjar Pranowo 2013-2023.


Para Gubernur Jawa Tengah berikutnya punya referensi yang tangguh. Raden Pandji Soeroso, Eyang buyut Raden Ayu Herniati adalah perintis utama. Propinsi Jawa Tengah memiliki kekayaan alam, budaya, tradisi dan sejarah yang panjang. Ki Nartosabdo menciptakan lagu berjudul Identitas Jawa Tengah. Lagu ini bernuansa kebangsaan dan kebudayaan. Lagu Identitas Jawa Tengah, Laras pelog pathet nem.


Identitas Jawa Tengah.


Mungguh sumbere e wawasan Nusantara, dadi paugeran raharjaning bangsa, tri gatra panca gatra, kang ginayuh trus binudi, supaya jejeg Santoso, mujudake tata tentrem karta raharja ing Jawa Tengah, sumbere budaya agung, mrih lestarining bangsa, strategi wawasan Identitas Jawa Tengah.


Majunya peradaban menurut Raden Ayu Herniati harus punya landasan filosofis. Bab panca gatra ideologi Pancasila, nindakake demokrasi Pancasila, ekonomi ngleksanaake pasal telung puluh telu UUD empat puluh lima, sosial budaya tansah angleluri kapribaden bangsa, katentremaning bebrayan rancaking pembangunan, strategi wawasan Identitas Jawa Tengah.


Masyarakat Jawa Tengah bisa berbangga. Lagu ini kerap berkumandang untuk membangkitkan gairah membangun. Irama cepat penuh semangat. Cocok untuk membentuk karakter kapribaden luhur di kalangan generasi muda.


Raden Ayu Herniati selalu berdarma bakti pada nusa bangsa. Bersama dengan sang suami Brigjend Pol Sjamsul Sidiq berusaha untuk mengabdi pada ibu pertiwi. Pasangan ideal ini penuh dengan anugerah berlimpah ruah. 


Kumandang syair kidung rumeksa ing wengi menjadi sarana tolak balak. Segala rintangan menyingkir. Semua cobaan hidup berhasil dilalui. Balung janur, janur ingisenan boga. Widadaa lepat saking sambikala. 


Singgah Singgah kala singgah, 


Pan suminggah durga kala sumingkir, 


Sing ngaama sing ngawulu, 


Sing ngasuku ngasirah, 


Sing ngatenggak lawan kala sing ngabuntut, 


Padha sira sumingkira, 


Muliha mring asalneki. 


Atas dukungan Raden Ajeng Herniati dilakukan kegiatan kultural. Kidung reriptan para wali di tanah Jawa dibaca untuk memperoleh pencerahan. Dengan diiringi musik gender, suasana makin hikmat. Ditambah air gemericik air serta jangkrik ngerik pada waktu malam hari. 


Puji pangastuti yang dilakukan di umbul kapujanggan Pengging memberi energi. Semangat literasi warisan Kyai Pujangga Yasadipura menerangi alam raya. Tanggal 5 Juli 2021 telah dibaca kidung rumeksa ing wengi. Malam Selasa Pon itu hening ening. Agar kehidupan makin aman damai dan ayem tentrem.


Raden Ayu Herniati sebagai priyayi yang melestarikan adat istiadat. Dengan harapan alam dan manusia menyatu. Muncul keselarasan antara jagad alit lan jagad ageng.


Wejangan sesepuh yang ampuh wutuh tangguh direnungkan oleh Raden Ayu Herniati. Sura dira jayaningrat, lebur dening pangastuti.

Kesadaran untuk melakukan ritual di Pengging memang besar. Karena punya kekuatan memori historis filosofis dan sosiologis. Sekalian mahluk sama ayu hayu rahayu.


F. Tata Cara Nyadran ing Pengging. 


Para Raja Pengging mendapatkan penghormatan yang istimewa. Kerajaan Pengging dan Prambanan adalah keturunan Kediri. Sejak Prabu Jayabaya Amisena memerintah, Kediri lebih dikenal dengan nama Kerajaan Daha. Lara lapa tapa brata sarana pembinaan untuk mengasah ketajaman spiritual.




 Prabu Jayabaya mendidik tiga putra kinasih. Ketiganya yaitu Raden Jaya Amijaya, Raden Jaya Amisena, Raden Jaya Aminata. Putra raja Kediri ini menjalankan ilmu laku, gentur tapane, mateng semadine.


Raden Jaya Amijaya menikah dengan Dewi Pramesthi. Dinobatkan sebagai raja di Kraton Jenggala. 


Raden Jaya Amisena menikah dengan Dewi Pramoni. Dinobatkan sebagai raja di Kraton Daha.


 Raden Jaya Aminata menikah dengan Dewi Susenti. Dinobatkan menjadi raja di Kraton Pengging, bergelar Prabu Kusuma Wicitra tahun 423.


Pernikahan para bangsawan ini dilakukan oleh Begawan Mayangkara. Hal ini sesuai dengan pesan Prabu Rama Wijaya kepada Anoman. Yakni kisah perkawinan wareng Arjuna pada jaman Kraton Kediri.


Kerajaan Kediri semakin maju. Muncul pula kerajaan Pengging, Daha dan Jenggala. Masyarakat semakin beradab. Karya sastra berkembang cemerlang.


Adapun Prabu Jaya Aminata menjadi raja Pengging. Berturut turut raja Pengging yang temahsyur yaitu :


1. Prabu Jaya Aminata atau Prabu Kusuma Wicitra 423 - 435.


2. Prabu Citrasoma 435 - 459.


3. Prabu Pancandriya 459 - 482.


4. Prabu Anglingdriya 482 - 514.


5. Prabu Citra Pandaya 514 - 567.


6. Prabu Dewa Kusuma 567 - 598.


7. Prabu Dewanata 598 - 632.


8. Prabu Dewa Sanjaya 632 - 678.


9. Prabu Sanjaya Pengging 678 732.


Prabu Dewa Sanjaya inilah yang menurunkan Wangsa Sanjaya. Candi Prambanan dibangun sebagai monumen kebudayaan.


Hari Minggu Legi, 6 Maret 2022 jam 12.15 diselenggarakan tata cara di Makam Sri Makurung Handayaningrat. Bersebelahan dengan makam Ratu Pembayun dan Lembu Amiluhur. Bertempat di desa Gatak Malangan Banyudono Boyolali.


Pengageng Sasana Wilapa Karaton Surakarta Hadiningrat memimpin acara. GKR Dra Wandansari Koes Moertiyah M.Pd didampingi oleh KPH Dr Wirobhumi SH, Ketua Pakasa atau Paguyuban Kawula Karaton Surakarta. Segenap pendherek terdiri dari sentana dan abdi dalem. Upacara nyadran di wilayah Pengging ini untuk memuliakan arwah para leluhur tanah Jawa.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

SARASEHAN PUSAKA BEDAYA KETAWANG

Macapat Mahargya Dr Sudarmaji M.Pd.

SUGENG RIYADI IDUL FITRI.